TKPK Yogyakarta Berguru Ke Lamongan

TKPK Yogyakarta Berguru Ke Lamongan Suasana kunjungan TKPK Yogyakarta di Ruang Pertemuan Sasana Nayaka. (haris/BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Keberhasilan Lamongan menurunkan angka kemiskinan menarik perhatian sejumlah daerah untuk "berguru", salah satunya rombongan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta yang melakukan Kunjungan Studi Komparatif Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Lamongan, Jum'at (14/8).

Sebanyak 40 peserta dengan ketua rombongan Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono Dwi Putranto diterima langsung Plh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Ruang Pertemuan Sasana Nayaka, Jumat (14/8).

Imam Priyono Dwi Putranto menyampaikan kedatangannya ke Lamongan bermaksud ingin belajar bagaimana metode TKPK Pemkab Lamongan dalam menanggulangi kemiskinan serta bagaimana proses pendataan masyarakat miskin. 

Yuhronur Efendi menjelaskan jika selama ini Lamongan telah melakukan berbagai program penanggulangan kemiskinan, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (Gemerlap).

Sedangkan terkait kondisi di Lamongan, disampaikan Kepala Bappeda Aris Wibawa, bahwa terdapat kecenderungan penurunan angka kemiskinan dari tahun ke tahun. "Berdasarkan data BPS, ada kecenderungan terjadi penurunan angka tingkat kemiskinan di Kabupaten Lamongan," kata dia.

Lebih rinci disebutkannya, pada tahun 2011 angka kemiskinan Lamongan sebesar 17,40 persen, kemudian tahun 2012 menjadi sebesar 16,60 persen dan di tahun 2013 kembali turun menjadi sebesar 16,10 persen atau sebanyak 191.300 jiwa. (ais/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO