Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri, Zanariah, menjadi pimpinan apel siaga peringatan Hari Bumi sekaligus Hari Air Dunia di Daerah Aliran Sungai Brantas.

Usai memimpin upacara, Zanariah lalu ikut naik perahu karet bersama Kapolres Kediri untuk menyusuri Sungai Brantas sambil menebar benih ikan lokal.

Selain menebar benih ikan, Zanariah juga ikut menanam pohon dan kerja bakti bersih di sungai bersama ratusan relawan.

Ia bangga melihat partisipasi luar biasa dari semua elemen masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa Kota Kediri memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga keindahan alam.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan penghargaan Lencana Satya Pancawarsa dari Kwarda Jatim oleh Pj Wali Kota Kediri.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tokoh kepramukaan Kota Kediri atas dedikasinya membina pramuka, khususnya dalam penerapan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, yang salah satunya adalah menjaga ekosistem alam serta kepedulian menjaga lingkungan.

Penghargaan itu diberikan kepada Sekretaris Daerah Bagus Alit meraih Pancawarsa I, Sekretaris Mabicab Maki Ali meraih Pancawarsa VII, dan Anggota Mabicab Anang Kurniawan meraih Pancawarsa I.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh, menjelaskan acara ini bertujuan memperkuat daerah aliran Sungai Brantas dalam menghadapi ancaman bencana alam.

Untuk itu bibit pohon yang ditanam di bantaran sungai adalah bibit pohon buni, jati belanda, mundu, ketepeng, beringin, kluwak, gayam karet kebo, Asam, dan kayu lanang.

Sementara benih ikan yang disebar di antaranya wader, tawes, baderbang, sengkaring, dan nilem.