Daftar ke PDIP Gresik, Gerindra Bangun Koalisi Gemuk di Pilkada 2024

Daftar ke PDIP Gresik, Gerindra Bangun Koalisi Gemuk di Pilkada 2024 Asluchul Alif (tiga dari kanan) saat menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon bupati ke Ketua PDIP Gresik, Mujid Riduan. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC Gerindra Gresik, , mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup) ke PDIP, Rabu (1/5/2024). Kehadirannya bersama para pengurus partai diterima langsung oleh Ketua DPC , Mujid Riduan.

Didampingi Siti Muafiyah selaku bendahara DPC beserta para pengurus, Mujid menyampaikan bahwa Alif merupakan pendaftar pertama sejak penjaringan calon kepala daerah (cakada) partai berlambang banteng dengan moncong putih itu dibuka pada akhir bulan lalu. 

"Mas Alif sebagai pendaftar pertama sejak kami membuka pendaftaran pada 29 April," ujarnya.

Dikatakan, penjaringan cakada merupakan mekanisme dari DPP yang harus dijalankan oleh DPC dalam menghadapi pilkada 2024.

"PDIP punya 2 mekanisme dalam penjaringan cakada, internal dan eksternal untuk pendaftar masyarakat umum. Sementara internal akan kami lakukan melalui rapat kerja cabang (rakercab)," kata Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

"Baik penjaringan internal maupun eksternal akan dikirim ke DPP. Semua sama-sama peluang direkom DPP," imbuhnya.

Ia menyebut, ada sejumlah tahapan yang akan dijalani oleh pendaftar cakada, seperti fit and proper test, survei, dan lainnya.

Dalam menghadapi 2024, PDIP tidak bisa memberangkatkan pasangan calon (paslon) bacabup dan bacawabup sendiri, karena hanya meraih 9 kursi pada Pemilu 2024 dan tidak memenuhi syarat dari Undang-Undang Pemilu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO