7 Rumah di Kademangan Blitar Terdampak Tanah Bergerak

7 Rumah di Kademangan Blitar Terdampak Tanah Bergerak Tim Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) saat mengobservasi lokasi tanah bergerak di Desa Kebonsari Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak tujuh rumah di Desa Kebonsari Kecamatan Kademangan Kabupaten terdampak fenomena tanah bergerak. Tujuh rumah tersebut kondisinya retak-retak.

Bahkan 2 dari 7 rumah tersebut terpaksa dirobohkan oleh pemiliknya karena kondisi retakan parah dan membahayakan.

Selain kerusakan rumah, tanah di sekitar pekarangan juga terlihat ambles dan retak membentuk patahan. Tak hanya itu, jalan raya yang merupakan jalan kabupaten yang ada di dekat rumah tersebut juga ambles dan retak.

Dikonfirmasi soal hal ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Izul Marom mengatakan, tim dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) sudah mengobservasi lokasi. Salah satu hasil kajian cepat PVMBG menyebutkan adanya potensi kondisi yang memburuk dan semakin membahayakan warga di lokasi.

"Dengan kondisi ini, maka yang akan dilakukan pemda dalam jangka pendek adalah merelokasi kawasan permukiman yang terdampak gerakan tanah. Itu ada 7 rumah warga," ujar Izul, Selasa (18/4/2022).

Selain merelokasi permukiman warga, pihaknya juga segera melakukan pembatasan kendaraan yang melintas di jalan raya yang juga terjadi retakan dampak fenomena tanah bergerak.

"Akan segera kita atur pembatasan penggunaan jalan. Jadi kendaraan besar tidak boleh lewat situ. Nanti akan kita kasih rambu," imbuhnya. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO