Dinkes Jember Sidak Klinik Abu Saad, Begini Penjelasan dr Lilik

Dinkes Jember Sidak Klinik Abu Saad, Begini Penjelasan dr Lilik dr. Lilik Lailiyah. foto: ist

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember akhirnya melakukan sidak terhadap Klinik Abu Sa'ad, terkait dugaan praktik pungutan biaya atas perawatan pasien dan biaya korban .

"Setelah kami lakukan sidak ke klinik itu, memang benar mereka melakukan perawatan pasien covid, namun sudah dirujuk ke rumah sakit," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dr Lilik Lailiyah saat dikonfirmasi melalui via telepon, Sabtu (14/8).

Ia mengatakan, pihaknya mendatangi langsung klinik tersebut untuk melakukan pembinaan. Dari hasil sidak, pihaknya menyampaikan bahwa di tempat tersebut sebelumnya memang terdapat praktik perawatan terhadap pasien , bahkan sudah melakukan pemulasaran terhadap pasien Covid yang meninggal.

Menurut dia, klinik yang melakukan perawatan dan harus berkoordinasi dengan satgas dan mendapat izin. "Karena itu (biayanya) sudah ditanggung pemerintah," imbuhnya.

"Hanya saja kalau harus melakukan atas nama kemanusiaan, juga harus berkoordinasi dengan Satgas Desa dan Kecamatan," ujarnya.

Lilik menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya pembinaan terhadap klinik tersebut dan bisa dipastikan tidak ada lagi praktik pemulasaran terhadap pasien yang meninggal maupun penanganan pasien.

Menurut Lilik, jika hal tersebut terjadi lagi, maka pihaknya akan melaporkan kepada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Kita sudah lakukan peringatan baik secara lisan maupun tertulis kepada pemilik Klinik Abu Saad, jika masih tetap melakukan praktik tersebut maka akan kami laporkan kepada Dinas PTSP," tegasnya. (yud/eko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO