Kurangi Sebaran Covid-19, Pemkab Lumajang Gelar Rapid Antigen di Terminal Minak Koncar

Kurangi Sebaran Covid-19, Pemkab Lumajang Gelar Rapid Antigen di Terminal Minak Koncar Jajaran Forkopimda Lumajang gelar operasi yustisi dan tes antigen kepada sopir angkot, kernet, dan penumpang dari luar Lumajang. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar operasi yustisi dan tes antigen di kawasan Terminal Minak Koncar Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Senin (8/2/2021) pagi.

mengatakan, guna menegakkan protokol kesehatan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lumajang, Forkopimda Lumajang melakukan tracing dan tracking terhadap orang-orang yang melalui jalur maupun yang akan menuju wilayah Kabupaten Lumajang, salah satu titiknya di terminal.

Selanjutnya, bersama Forkopimda Lumajang meminta untuk memastikan bahwa seluruh yang melayani transportasi antarkabupaten betul-betul aman dari Covid-19.

"Hari ini yang di-rapid test antigen salah satunya sopir, kondektur, dan kernet, termasuk juga secara acak penumpang yang dari luar kota diminta untuk rapid antigen. Setelah nanti hasil keluar terdapat yang positif maka diminta untuk melakukan isolasi mandiri," ungkapnya.

Selain itu, juga menjelaskan, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Lumajang berangsur menurun, baik yang positif maupun jumlah tempat tidur di rumah sakit yang kosong sudah mencapai 56%. Untuk itu, Kabupaten Lumajang saat ini sudah semakin baik dengan berada di zona oranye yang menuju ke arah zona kuning.

"Hal baik ini harus terus kita jaga. Saya, Dandim 0821, Kapolres dibantu Danyon 527, bersama jajaran TNI-Polri, melakukan langkah-langkah yang preventif. Prinsipnya, kondisi yang baik ini harus tetap kita pertahankan. Semoga kita segera berada di zona kuning," tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang mengungkapkan bahwa tiga pilar akan terus berkolaborasi dan selalu aktif untuk melaksanakan operasi yustisi dan penegakan protokol kesehatan Covid-19 di semua tempat-tempat keramaian, guna mengantisipasi dan mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Termasuk hari ini telah diambil sampel atau contoh terhadap masyarakat Lumajang yang bepergian dari luar dengan di-rapid test antigen. Ke depan juga akan ada operasi seperti ini di tempat-tempat keramaian lain yang dilakukan secara acak," pungkasnya. (ron/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO