Muhammadiyah Jember Soal Pro-Kontra JFC: Jangan Luruhkan Nilai Kota Santri dan Pancasila

Muhammadiyah Jember Soal Pro-Kontra JFC: Jangan Luruhkan Nilai Kota Santri dan Pancasila Penampilan artis Cinta Laura di Jember Fashion Carnival (JFC), Ahad (5/8).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Gelaran Jember Fashion Carnaval (JFC) yang ditutup dengan penampilan artis Cinta Laura Kiehl dan Putri Indonesia Frederika Alexis Cull dengan busananya yang seksi dan menarik, juga mendapat tanggapan dari Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Jember.

Senada dengan yang disampaikan Ketua MUI Jember Prof. Abdul Halim Subahar, Ketua PD Muhammadiyah Jember Kusno, menyayangkan tampilan JFC yang dinilai kurang mengangkat kearifan lokal, dan juga kurang menghargai nilai-nilai dari kota santri.

"Event itu kan setiap tahun ada, harusnya panitia bisa lebih selektif. Intinya, tidak selayaknya suguhan atas nama kreatif seni Budaya justru meluruhkan dan menafikan kesejatian nilai budaya bangsa yang agamis, berperikemanusian yang berkeadaban dan berkeadilan," ujar Kusno saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya, Senin sore (5/8/2019).

Meski tema utamanya mengenai ragam budaya bangsa sejagat, kata Kusno, Indonesia ada nilai-nilai Pancasila. "Karena, kita punya Pancasila sebagai kepribadian bangsa, kita punya agama, apalagi Jember yang terkenal kota santri, gudangnya alim ulama," katanya.

Pihaknya pun mengaku prihatin. "Sehingga saya berharap agar tidak terulang kembali. Sedapatnya untuk dibenahi," katanya.

Terkait apakah nantinya akan melakukan tindakan lebih lanjut dalam menanggapi perhelatan akbar karnaval nomor 3 dunia itu, ia mengaku sampai saat ini belum ada. "Memang kami akui prihatin, namun kami berharap adanya evaluasi dan perbaikan. Karena Jember punya ciri tersendiri," katanya.

Diketahui sebelumnya, Grand Carnaval (JFC) ke 18 tahun 2019, ditutup dengan iring-iringan mobil hias dari artis berbakat Cinta Laura Kiehl dan Putri Indonesia Frederika Alexis Cull. Selain itu, Bupati Jember Faida didampingi Designer Busana terkenal Anne Avantie juga turut dalam pawai mobil hias, diikuti belasan model binaannya. (jbr1/yud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO