Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Resmi Lantik Berbagai Pejabat

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Resmi Lantik Berbagai Pejabat Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, saat pelantikan pejabat.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala , Heni Yuwono, resmi melantik pejabat administrasi, pejabat penyidik pegawai negeri sipil, notaris pengganti, serta pemohon kewarganegaraan, Senin (29/4/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Raden Wijaya itu dihadiri oleh sejumlah pejabat struktural, dan unit pelaksana teknis di lingkungan . Dalam sambutannya, Heni menggarisbawahi pentingnya kedudukan hukum dalam menetapkan status kewarganegaraan.

"Orang bangsa Indonesia asli secara otomatis merupakan warga negara Indonesia, sementara bagi orang bangsa lain, status kewarganegaraan harus disahkan terlebih dahulu melalui Undang-undang," ujarnya.

Dengan pelantikan ini, para WNA yang baru saja dilantik diingatkan untuk segera mengembalikan dokumen kewarganegaraan asingnya dalam waktu 14 hari, dan mengikuti proses pengembalian berkas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa setiap orang yang menjadi warga negara Indonesia telah memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh hukum," tuturnya.

Selain itu, Heni juga menyoroti peran Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam proses penyidikan. Dia menekankan, koordinasi dengan penyidik utama, yakni Polri, adalah hal yang tak bisa diabaikan.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO