Sambut Libur Lebaran, Pemkot Batu Siapkan Pelbagai Strategi

Sambut Libur Lebaran, Pemkot Batu Siapkan Pelbagai Strategi PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Menyambut libur lebaran tahun ini,  mulai menyiapkan sejumlah strategi dalam pengaturan wilayah. Penjabat (Pj) Wali Kota , Aries Agung Paewai, memastikan hal tersebut.

Ia menjelaskan, berbagai upaya untuk menyambut Lebaran Idul Fitri 1444 H harus disiapkan bersama OPD . Pasalnya, dalam kondisi liburan sangat dimungkinkan terjadi peningkatan arus wisata di sana.

“Ada tiga persoalan yang harus ditemukan solusinya. Yakni, kemacetan menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri 1444 H, titik rawan bencana, dan parkir,” ujarnya di Kantor BPSDM Jatim, Selasa (11/4/2023).

Menurut dia, kemacetan di titik tertentu harus diminimalisir dengan rekayasa lalu lintas yang tepat. Tak hanya itu, titik rawan bencana longsor akibat intensitas hujan yang tinggi perlu diwaspadai, khususnya di Kota , Pujon, Ngantang, dan Kasembon.

“Kami berharap intensitas hujan di Kota menjelang Lebaran tidak lebat. Sehingga, tidak ada bencana longsor seperti beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Aries yang juga menjabat sebagai Kepala BPSDM Jatim itu memperkirakan jumlah wisatawan saat libur lebaran nanti bisa mencapai 1 juta orang. Hal ini dipicu dengan situasi pandemi yang mulai mereda dan kehidupan masyarakat mulai normal. 

Ia menyebut, momentum lebaran yang 2 tahun terakhir tanpa aktivitas liburan membuat masyarakat akan berbondong-bondong memanfaatkan kondisi yang telah pulih di tahun ini dengan liburan ke yang sampai saat ini menjadi idola wisata di Jawa Timur.

"Kondisi pasca pandemi ini tentu akan membuat masyarakat berdatangan ke . Tidak hanya masyarakat Jawa Timur namun juga mereka yang tengah merayakan libur lebaran di Jawa Timur. Estimasi saya wisatawan yang datang bisa mencapai 1 juta orang," paparnya.

Kota sebagai kota wisata menjadi perhatian nasional. Karena yang masuk wilayah Malang Raya menjadi destinasi ke 4 di Indonesia untuk tujuan wisata. Sehingga diprediksi akan dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO