Berikut Pesan Wali Kota Kediri saat Bimtek Penatausahaan Keuangan

Berikut Pesan Wali Kota Kediri saat Bimtek Penatausahaan Keuangan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (tengah), saat memberi arahan dalam Bimtek Penatausahaan Keuangan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, memberi arahan mengenai penatausahaan keuangan. Arahan tersebut dilakukan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan Melalui Aplikasi SIPD dan Sistem Informasi Pelayanan Pencairan Dana (Si PANDAN), Selasa (10/1/2023).

"Terima kasih atas kinerja kita kemarin di tahun 2022. Ke depan di tahun 2023 kita memulai SIPD penatausahaan dan akuntansi. Sistem memang akan berjalan terus hingga kita menemukan sistem yang baik," kata Abu.

Menurut dia, salah satu tujuan SIPD adalah untuk mempermudah pemerintah pusat melihat secara utuh, real time dan transparan, yakni mengenai keselarasan antara alokasi APBD dan RKPD.

Ia menyebut, anggaran dan program yang disusun harus berdasarkan data, dan pengembangan dari evaluasi program sebelumnya, serta tidak tumpang tindih dengan program lainnya. Namun dalam prosesnya ada beberapa fitur yang belum tercover di SIPD.

"Dari BPPKAD sudah menyiapkan aplikasi Si PANDAN. InsyaAllah aplikasi ini nanti dapat mempermudah kinerja panjenengan semua," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga mengimbau kepada seluruh OPD untuk memaksimalkan serapan anggaran dan program kegiatan tepat sasaran. Harus diupayakan penyerapam anggaran dilakukan di awal tahun, sehingga tidak menumpuk di akhir tahun. Apabila penyerapan menumpuk di akhir tahun, perputaran ekonomi menjadi pincang.

"Kita ingin penyerapan di bulan Januari tidak dimulai di bulan April atau Mei. Jadi jangan ada delay dan semua numpuk di belakang. Saya minta pola lama dihilangkan dan kerja kita harus lebih baik lagi," pungkasnya.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh bendahara pengeluaran OPD tersebut, turut hadir Kepala Cabang PT TASPEN, Muhammad Abdul Ghofur, dan Kepala BPPKAD Kota , Sugeng Wahyu, dan tamu undangan lainnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO