Pesan Gus Kikin untuk ISNU Jatim: Hadratusyaich adalah Ulama yang Unggul

Pesan Gus Kikin untuk ISNU Jatim: Hadratusyaich adalah Ulama yang Unggul Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin.

BANGSAONLINE.com - Ketua PW Jawa Timur, KH. Abdul Hakim Mahfudz, memberi sambutan dalam pembukaan Workshop Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi yang digelar IS Jatim dalam rangka Hari Pendidikan Nasional () tahun ini.

Kiai yang memiliki pengalaman sebagai pengusaha ini menegaskan sejak didirikan oleh Hadratusyaikh KH. Hasyim Asy’ari, selalu melakukan transformasi dalam rangka mengantisipasi perkembangan zaman. Menurut Gus Kikin (sapaan akrab KH. Abdul Hakim Mahfudz), meski didirikan oleh para ulama dan menjadi tempat beraktivitas para ulama alim, namun tidak pernah berhenti melakukan transformasi.

"Hal ini dilakukan dalam rangka menjawab tantangan dan perubahan zaman. Ilmu-ilmu agama ditekuni secara fokus dan bersanad, sedangkan ilmu umum juga dipelajari di pesantren-pesantren agar selalu mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan prinsip 'almuhafadzatu ‘alal qadimis sholih wal ahdu biijadidil ashlah' yang artinya, segala sesuatu yang baik akan tetap dipertahankan dengan mengadaptasi hal-hal baru yang lebih baik."

Gus Kikin berharap perguruan tinggi juga melakukan transformas-transformasi dalam rangka menghadapi perkembangan zaman, termasuk menjadi perguruan tinggi yang unggul.

“Hadratussyaikh sangat fokus menekuni keilmuan agama, tapi bukan berarti meninggalkan urusan berbangsa dan bernegara. Mudah-mudahan para peserta mendapatkan banyak pencerahan supaya semakin kaya khazanah keilmuan untuk bertransformasi sesuai perkembangan zaman,” ungkap pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang ini.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO