Warga Bawean Desak Bupati Gresik Larang Adu Sapi-Thok-Thok, ini Pernyataan Sikap Mereka

Warga Bawean Desak Bupati Gresik Larang Adu Sapi-Thok-Thok, ini Pernyataan Sikap Mereka Inilah spanduk yang dipasang warga Bawean di Gresik. Spanduk ini bertebaran, di antaranya dekat kantor Pemkab Gresik, kantor DPRD Gresik, dan kantor Bank BNI Gresik, Kamis (16/5/2024). Foto: BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com – Tiba-tiba spanduk atas nama warga Bawean bertebaran di , Jawa Timur. Isi spanduk itu menolak klaim yang menyebutkan bahwa aduan sapi yang populer dengan thok-thok itu adalah tradisi Bawean.

Spanduk itu, di antaranya, membentang di dekat kantor Pemkab , kantor DPRD , dan kantor BNI .

"Itu klaim Dewan Kebudayaan , thok-thok itu bukan budaya Bawean," kata Muhammad, seorang aktivis asal Bawean kepada BANGSAONLINE, Kamis (16/5/2024).

Menurut dia, warga Bawean Jawa Timur menolak keras adu sapi atau thok-thok diklaim sebagai tradisi Bawean.

"Thok-thok bukan budaya atau tradisi Bawean, tapi tradisi Tapal Kuda yang dibawa warga pendatang ke Bawean," katanya lagi.

Kini warga Bawean menyampaikan pernyataan sikap secara terbuka terkait thok-thok itu. Intinya mereka menolak thok-thok ditradisikan. Apalagi dijadikan ikon masyarakat Bawean.

Menurut Muhammad, sikap penolakan terbuka itu disampaikan para tokoh adat Bawean. Di antaranya KH Ali Masyhar, Imam Besar Masjid Jami' Sangkapura; KH Fauzi Rauf, Ketua PCNU Bawean; dan Nur Syarifuddin, Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Bawean.

Menyikapi unggahan Dewan Kebudayaan di laman FB dan IG tentang tok tok sapi yang dikategorikan sebagai tradisi budaya Bawean dan obyek pemajuan kebudayaan asal Bawean, kami MAB menyatakan bahwa unggahan tersebut tidak benar dan merupakan penghinaan yang menyakiti perasaan masyarakat Bawean.

Masyarakat Bawean selama ini tidak pernah tahu dan merasakan kiprah positif keberadaan Dewan Kebudayaan bagi budaya etnis Bawean. Unggahan tentang tok tok sapi terasa ibarat gempa budaya Bawean berskala 7,5 SR dengan tsunami setinggi 35 M.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO