​Dipulangkan dari Aljazair, 19 Warga Kabupaten Blitar Langsung Jalani Isolasi

​Dipulangkan dari Aljazair, 19 Warga Kabupaten Blitar Langsung Jalani Isolasi Warga Blitar yang jadi PMI ketika dilakukan pendataan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 19 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipulangkan dari tempatnya bekerja di Aljazair Afrika Utara. Dari 19 orang tersebut, 9 di antaranya diturunkan di Kantor Pemkab di Kanigoro, Sabtu (2/5). Sementara PMI yang bertempat tinggal di wilayah Barat Kabupaten turun di daerah masing-masing. Karena rombongan bus berjalan dari arah Barat.

Mereka di antaranya, 3 orang turun di Srengat, 1 orang turun Kademangan, 6 orang turun di Tlogo Kanigoro, dan 9 orang turun di posko gugus tugas Kabupaten Blitat di Kanigoro. Ada 9 orang yang turun di posko gugus tugas ini masing-masing berasal dari Selopuro, Sutojayan, Talun, dan Kanigoro.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten , Krisna Yekti mengatakan, beberapa waktu lalu pihak kedutaan menghubunginya melalui telefon. Mereka memberitahukan akan memulangkan warga Kabupaten dari Aljazair.

"Dari tempat kerjanya ada kebijakan untuk merumahkan karyawannya karena dampak Corona. Sehingga PMI ini dipulangkan. Lalu kami melakukan diskusi dengan kedutaan agar sebelum dipulangkan semua menjalani pemeriksaan kesehatan," ujar Krisna.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan di Aljazair, mereka semua dinyatakan sehat. Sehingga diperbolehkan kembali ke Indonesia.

"Setelah diperiksa kesehatannya mereka dinyatakan sehat dan dari kedutaan sendiri menyatakan tidak akan memulangkan PMI yang kondisinya tidak sehat," imbuhnya.

Krisna menambahkan, para PMI ini sebelum berkumpul lagi bersama keluarganya harus tetap menjalankan protap penanganan Corona. Mereka akan diisolasi di tempat karantina yang telah disediakan di masing-masing desa atau kelurahan.

"Sebelum kembali ke wilayahnya masing-masing juga telah kita cek suhu tubuh untuk memastikan mereka tidak mengalami gejala yang mengarah terpapar ," pungkasnya. (ina/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO