Komisi IV DPRD Trenggalek Minta OPD Bersatu Cegah Corona Masuk di Perbatasan

Komisi IV DPRD Trenggalek Minta OPD Bersatu Cegah Corona Masuk di Perbatasan Mugianto, Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Mugianto, Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek Bidang Pendidikan dan Kesehatan meminta OPD Pemkab Trenggalek bersatu dalam upaya mencegah masuknya di wilayah perbatasan Kabupaten Trenggalek.

Pernyataan ini disampaikan Mugianto usai rapat kerja antara Komisi IV dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, RSUD, dan BPBD yang digelar di Aula Gedung DPRD Trenggalek, Senin (23/3).

"Dari hasil rapat tadi, kita melihat hanya Dinas Kesehatan yang bekerja di wilayah perbatasan dalam upaya mencegah masuknya . Sementara OPD yang lain tidak ada sama sekali," kata Mugianto yang sekaligus menjabat Ketua Fraksi Demokrat Trenggalek.

Menurutnya, wilayah perbatasan itu merupakan pintu masuknya . Sehingga tidak bisa hanya Dinas Kesehatan yang melaksanakan pekerjaan tersebut. Untuk itu, ia mengajak seluruh OPD memberikan dukungan agar upaya pencegahan bisa berjalan efektif.

"Jadi, contohnya ketika harus menghentikan kendaraan, itu kan mestinya melibatkan Dinas Perhubungan. Dinas Kesehatan tidak pada porsinya untuk menghentikan kendaraan yang lewat itu. Tadi dalam rapat kita mendapat keluhan seperti itu dari Dinkes," ungkapnya.

"Dinas Kesehatan, hanya pada posisi melakukan screening atau pengukuran suhu tubuh pada semua orang yang hendak masuk ke wilayah perbatasan Trenggalek-Tulungagung dan Trenggalek-Ponorogo. Sementara untuk fasilitas yang lain seperti tenda, alat peraga atau rambu di jalan sebagai bentuk adanya kegiatan di wilayah perbatasan, itu harus didukung oleh seluruh OPD," pintanya.

Karena itu, ia meminta agar seluruh OPD di wilayah Pemkab Trenggalek lebih fokus memerangi di wilayah perbatasan dalam waktu 24 jam. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO