Bersaing Dengan Pendatang Baru, Empat Petahana Balon Kades di Situbondo Tumbang Saat Tes Tulis

Bersaing Dengan Pendatang Baru, Empat Petahana Balon Kades di Situbondo Tumbang Saat Tes Tulis Tampak Kabid Bina Pemerintahan Desa Kabupaten Situbondo Yogi Kripsiansyah saat akan menempel hasil tes ke papan pengumuman di Pemkab Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak, sebanyak 84 bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Situbondo menjalani tes tulis. Tes tulis tersebut diselenggarakan bagi 12 desa yang mempunyai balon lebih dari lima.

Dari 12 desa yang menjalani tes tulis, sebelas desa diikuti oleh petahana (incumbent). Namun dari 11 desa tersebut, sebanyak 4 bakal calon kepala desa petahana tumbang kalah bersaing dengan balon pendatang baru.

Menurut Kabid Bina Pemerintahan Desa Kabupaten Situbondo Yogi Kripsiansyah, bahwa tes tersebut dilakukan berdasarkan aturan yang ada. Di dalam aturan menyebutkan jika balon kepala desa lebih dari lima, maka diadakan tes untuk mencari lima besar.

"Itu tes untuk memilih lima besar, lima besar itu nantinya akan ditetapkan sebagai calon kepala desa yang berhak dipilih. Artinya, panitia secara otomatis tinggal menetapkan secara resmi peringkat satu sampai lima," terangnya.

Pantauan di lapangan, ada sebanyak 100 soal pilihan yang diujikan. Sementara materi ujian berkaitan dengan Pancasila, UUD 1945, pemerintahan, dan pemerintahan desa, serta kemampuan umum. Setelah 84 bakal calon kepala desa selesai mengerjakan tes tulis, hasilnya langsung dikoreksi dan diumumkan oleh penguji dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Jawa Timur.

Kempat petahana yang tumbang, Ach Khomaidi Desa Paowan, Kecamatan Panarukan hasil tesnya ranking 6 dari 8 bakal calon. Dwi Kurniadi Desa Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng hasil tesnya ranking 8 dari 9 bakal calon. Nawawi Desa Blimbing, Kecamatan Besuki hasil tesnya ranking 7 dari 7 bakal calon, dan Sumakki Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih hasil tesnya berada di peringkat ke 7 dari 7 bakal calon.

"Tes tulis bakal calon kepala desa ini dilaksanakan secara transparan atau terbuka. Dan hasil dari tes tulis hari ini juga langsung diumumkan di hadapan bakal calon kepala desa oleh panitia," kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi, kepada sejumlah wartawan saat sebelum hasil tes diumumkan.

Seperti yang diketahui, pelaksanaan pilkades serentak di Situbondo akan diikuti 116 desa yang tersebar di 17 kecamatan pada 23 Oktober mendatang. Dari 116 desa tersebut, sebanyak lima desa akan melaksanakan pilkades melalui sistem e-voting berbasis KTP elektronik. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO