BPBD Pamekasan Gelar Bimtek Penyusunan Kajian Kebutuhan Pasca Bencana 2019

BPBD Pamekasan Gelar Bimtek Penyusunan Kajian Kebutuhan Pasca Bencana 2019 Bimbingan Teknis untuk kajian kebutuhan Pasca Bencana tahun 2019 di hotel Cahaya Berlian, Pamekasan, Senin (11/03/2019).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Pamekasan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk kajian kebutuhan pasca bencana tahun 2019 yang dilaksanakan di hotel Cahaya Berlian, Jalan Raya Panglegur Pamekasan, Senin (11/03/2019).

Bimtek yang diikuti 50 peserta dari TNI-Polri, OPD terkait, camat, Tagana, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja'e.

Dalam sambutannya, Raja'e berharap para peserta bisa mengikuti bimtek sampai selesai sehingga benar-benar mampu menerapkan apa yang nantinya dipelajari.

"Dengan adanya bimtek ini, kami menyambut baik, dengan harapan kita mempunyai personil-personil yang memiliki kamampuan tinggi dalam mengkaji kebutuhan Pasca Bencana," ujar Raja'e, Senin (11/03/19).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pamekasan Akamalul Firdaus menjelaskan, Bintek penyusunan kebutuhan pasca bencana ini merupakan salah satu tahapan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

"Dari penilaian dan kerugian kerusakan bencana dari aspek-aspek maupun kebutuhan manusia," ungkapnya.

Firdaus juga menambahkan, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami mengenai konsep pengkajian kebutuhan pasca bencana.

"Peserta nantinya diharapkan bisa mampu dalam menilai kerusakan, kerugian, gangguan akses, gangguan fungsi dan pengurangan resiko bencana," pungkas Akmalul Firdaus.

Narasumber bimtek tersebut mendatangkan pembicara dari BPBD Provinsi Bambang Agus Legowo dan dari Mahoni Cakra Saujana Yogyakarta Rurit Haryanto. Bimtek akan berlangsung selama dua hari hingga 12 Maret besok. (err/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO