Mandi di Sungai Ambulu Jember, Kulit Remaja ini Melepuh

Mandi di Sungai Ambulu Jember, Kulit Remaja ini Melepuh Remaja dari Kecamatan Ambulu, Jember, saat mendapat perawatan di rumah sakit.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kulit remaja berusia 14 tahun dari Kecamatan Ambulu, , Abil, melepuh seperti terbakar usai mandi di sungai yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Berdasarkan pemeriksaan awal, Gebyar Tri Baskoro selaku dokter spesalis anak mengatakan bahwa korban teridentifikasi mengalami Nekrolisis Epidermal Toksik (NET), salah satu penyakit yang menyerang jaringan kulit.

"Itu juga tergolong langka dan memang jarang terjadi, itu juga berisiko cukup tinggi, bisa infeksi berat, bahkan kematian," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (16/01/2024).

"Penyakit TEN itu mirip dengan penyakit Steven Johnson Syndrome atau SJS tergolong langka hanya diderita satu hingga dua per juta orant setiap tahunya," tuturnya menjelaskan.

Pada dasarnya, kata Gebyar, penyakit yang diderita Abil ini mengakibatkan kelainan kulit lebih dari 30 persen. Sedangkan untuk penyebabnya, ia menyatakan ada beberapa faktor seperti dipicu oleh obat-obatan dan juga oleh Hipersensitivitas dari pasien.

"Misalnya, pasien ini pernah sakit dan meminum obat, hal itu juga bisa jadi pemicu. Tapi paling sering ya memang reaksi tubuh yang berlebihan, tapi semua itu masih dugaan awal, kita harus dalami lagi," paparnya.

Untuk kondisi pasien, ia memastikan sudah mulai membaik dan sedang dirawat di ruang ICU Rumah Sakit dr. Soebandi . (aji/yud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Beredar Video Jamaah Padepokan Tunggal Jati Nusantara Jalani Rukyah Sebelum Jalani Ritual':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO