Protes SKTM tak Bisa Digunakan untuk Berobat, Puluhan Mahasiswa PMII Demo Pemkab Tuban

Protes SKTM tak Bisa Digunakan untuk Berobat, Puluhan Mahasiswa PMII Demo Pemkab Tuban Aksi PMII saat demo di depan Kantor Bupati Tuban memprotes kebijakan pemkab yang menghapus SKTM dari syarat berobat bagi warga miskin.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten menggelar demo di depan Kantor Bupati , Selasa (14/5/2024).

Mereka melakukan demo lantaran Pemkab diduga telah menghentikan program SKTM (surat keterangan tidak mampu). Surat tersebut kini sudah tidak bisa digunakan warga miskin untuk berobat ke fasilitas kesehatan.

"Aksi ini kami lakukan karena Pemkab telah memberangus SKTM, yang mana program itu untuk warga miskin hendak berobat," kata Ketua PMII Cabang , Ahmad Wafa Amirallah.

Aksi ini juga bagian dari protes mahasiswa terhadap Pemkab , lantaran sebelumnya terdapat warga miskin yang meninggal dunia karena tidak bisa berobat menggunakan SKTM.

Setelah dilakukan pengecekan di lapangan, ternyata program SKTM ini sudah dihapus per 1 Mei 2024.

"Kemarin ada warga yang meninggal lantaran tak punya uang untuk berobat. Sedangkan, SKTM sendiri sudah dihapus (tak berlaku) oleh pemkab," tegasnya.

Karena itu, para mahasiswa meminta Pemkab segera memberlakukan kembali penggunaan SKTM bagi warga tak mampu yang hendak berobat. Mereka juga mendesak pemerintah membuat kebijakan yang pro terhadap warga miskin.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO