Komitmen Berikan Layanan Maksimal, Bea Cukai Madura Buka Layanan Klinik Ekspor

Komitmen Berikan Layanan Maksimal, Bea Cukai Madura Buka Layanan Klinik Ekspor Kantor Bea Cukai Madura.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Bea Cukai Madura berkomitmen memberikan layanan maksimal dengan membuka pelayanan bertajuk 'Klinik Ekspor'.

Layanan tersebut bertujuan mendorong para pelaku usaha dalam negeri (terutama UMKM), agar dapat mengembangkan potensinya dan melakukan ekspor.

Pejabat Pengawas Bea Cukai Madura, Andru Ledwan Permadi, menyampaikan bahwa agar bisa mengekspor produk, pelaku usaha harus mendaftar terlebih dahulu di oss.go.id untuk mendapatkan nomor induk berusaha (NIB).

"NIB itu sebagai pengenal importir dan untuk membuka hak akses kepabeanan di kantor . Setelah itu nanti masyarakat bisa melaksanakan ekspor secara pribadi. Dan kami bisa bantu dalam pembuatan NIB di tempat kami lewat online oss.go.id. Setelah itu diperlukan NPWP yang bisa dibuat ke kantor pajak terdekat," ujarnya, Jumat (26/4/2024).

Sementara untuk pengirimannya, nanti akan didampingi oleh petugas . Tidak hanya itu, untuk membuat dokumen ekspor PEB (pemberitahuan ekspor barang) yang diperlukan seperti invoice, packing list, dan bill of lading juga akan didampingi.

"Jika beberapa persyaratan tersebut sudah terpenuhi, selanjutnya menghubungi agen pelayaran untuk pengangkutan ke negara tujuan. Kami juga melakukan pendampingan untuk mencari agen pelayaran yang ada di Tanjung Perak Surabaya," paparnya.

Layanan Klinik Ekspor tersebut bertujuan memudahkan masyarakat yang memiliki kendala ataupun ingin berbagi dan membutuhkan pendampingan dalam hal ekspor barang.

"Apabila masyarakat memiliki kendala ataupun ingin sharing dan pendampingan, bisa datang ke kantor kami secara gratis sampai masyarakat bisa ekspor," pungkas Andru. (bel/dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Panitia Lokal Sirkuit Mandalika Diduga Unboxing Motor Ducati Secara Ilegal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO