Selain Pegawai Pemkot Kediri, Tenun Ikat Bandar Kidul Jadi Seragam Wajib Pemprov Jatim

Selain Pegawai Pemkot Kediri, Tenun Ikat Bandar Kidul Jadi Seragam Wajib Pemprov Jatim Erwin Wahyu Nugroho dan Kepala Disperdagin Jatim, Drajat Irawan, saat melihat proses pembuatan tenun ikat di Kampung Tenun Ikat, Bandar Kidul, Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pegawai di Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri diwajibkan untuk memakai Bandar Kidul sebagai seragam. Begitu pula untuk pegawai di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). 

“Kami Pemkot Kediri sangat berterima kasih atas program yang luar biasa ini, saya percaya dengan ini Bandar Kidul akan terus naik, sehingga ekonomi daerah pun juga segera pulih,” ujar Kepala Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kediri, Tanto Wijohari, Senin (27/12).

Hal itu sejalan dengan instruksi dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sebagai bentuk dukungan kepada para pengrajin Tenun Ikat. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disperindag Jatim, Drajat Irawan.

“Setiap Jumat, di minggu pertama setiap bulannya, kami mengenakan seragam dari Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri ini,” kata Drajat saat mengunjungi Kampung , Bandar Kidul, Minggu (26/12).

Tenun Ikat Bandar Kidul telah didaftarkan sebagai salah satu warisan budaya non-bendawi ke UNESCO. Program yang mendukung para pengrajin itu langsung disambut oleh salah satu pemilik usaha di Kota Kediri.

“Alhamdulillah, senang sekali, ini menjadi angin segar bagi kami para pengrajin tenun ditengah gempuran pandemi Covid-19 yang terjadi,” ucap pengrajin sekaligus pemilik usaha merek 'Bandoel', Erwin Wahyu Nugroho.

Menurut dia, sudah banyak pegawai provinsi Jawa Timur dari berbagai dinas yang berkunjung ke galerinya untuk memesan seragam dari Tenun Ikat Bandar Kidul. Ia menyebutkan, mereka berasal dari dinas pertanian, biro perekonomian, dinas koperasi dan disperindag.

“Alhamdulillah stok selalu habis, saya yakin ini menjadi berkah. Tidak hanya kepada saya, tetapi juga kepada para pengrajin lain di Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul ini,” kata Erwin. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO