Penerima Bansos Guru Ngaji Banyak yang 'Maling', Bupati Sampang Kecewa

Penerima Bansos Guru Ngaji Banyak yang Bupati Sampang KH. A Fanan Hasib

SAMPANG (BangsaOnline) - Bupati Sampang H. A Fanan Hasib mengaku kecewa kepada Camat yang telah mendata guru ngaji yang tidak tepat sasaran untuk mendapatkan bantuan sosial (Bansos) berupa tunjangan dana guru ngaji sebesar Rp 500 ribu per-bulan.

Fakta di lapangan, berdasarkan data yang diajukan Camat, ternyata mereka yang menerima dana bantuan bukanya guru ngaji benaran. Penerimanya adalah guru ngaji palsu. Bahkan bupati menyebut para penerima ini adalah maling yang berkedok guru ngaji atau ustadz.

Soal siapa saja para camat yang mengajukan data palsu, bupati tidak membuka data dari Kecamatan mana. Yang jelas, data tahun 2014 yang diajukan camat tidak akurat, sehingga perlu dilakukan verifikasi ulang.

“Saya sangat kecewa pendataan Bansos untuk guru ngaji itu. Tenyata yang tercatat banyak malingnya menjadi penerima bantuan Bansos itu,” ungkap Fanan Hasib.

Terungkapnya data palsu itu, setelah Bupati Sampang mendapat pengaduan dari tokoh masyarakat. Bahwa penerima bantuan untuk guru ngaji tidak tepat sasaran. Temuan di lapangan menujukkan banyak masayarakat tidak tahu bahwa guru ngaji menerima bantuan tersebut. Bahkan, para maling yang tidak tahu ngaji juga ikut menerima.

Persyaratan untuk mendapatkan bantuan Bansos, para guru ngaji minimal punya 10 murid yang aktif untuk didaftarkan. Dan hanya satu guru ngaji yang akan mendapatkan bantuan.

Berdasarkani data Dinsosnakertrans, Pemerintah Kabupaten Sampang menyediakan anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 3 miliar untuk tunjungan guru ngaji. Saat ini data penerima sebanyak enam ribu orang yang tersebar di 14 Kecamatan.

Kecamatan Sampang ada 500 penerima, Kecamatan Camplong 548 orang, Kecamatan Jrengik 268 orang, Kedungdung 283, Omben 427, Sreseh 326, Sokobenah 534, Torjun 508 dan Banyuates 721 orang.

Selain itu, Kecamatan Ketapang 678 orang, Kecamatan Pangarengan 224, Robatal 388, Tambalangan 221, dan Karang Penang 374 penerima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO