Gara-gara Selang Kompor Bocor, 1 Rumah di Jember Ludes Terbakar

Gara-gara Selang Kompor Bocor, 1 Rumah di Jember Ludes Terbakar Petugas Damkar Jember coba memadamkan api.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Rumah berukuran 7 x 5 meter persegi milik Karyadi warga Jalan Sriti 132 Lingkungan Kebon Lor, Kelurahan Banjar Sengon, Kecamatan Patrang, ludes terbakar akibat selang kompor bocor.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 5.15 WIB itu juga menyebabkan pemilik rumah mengalami luka bakar ringan di tangannya, karena api sempat menyambar korban.

"Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 5 pagi tadi, dan karena korban ini juga berjualan bensin eceran, kebakaran itu prosesnya cepat," kata Danru A Mako Kota Pemkab Jember Suharto usai memadamkan api, Rabu (29/1/2020).

Suharto menyampaikan, kebakaran itu bermula saat korban pemilik rumah bermaksud untuk menghidupkan kompor untuk memasak di dapur.

"Ternyata selang kompor gasnya itu bocor dan tidak diperhatikan korban. Saat api dihidupkan, api langsung membesar," katanya.

Kebetulan korban juga berjualan bensin eceran, dan posisi tumpukan botol bensin eceran jualannya dekat dengan kompor. "Langsung saja menyambar botol bensin dan api pun cepat membesar. Saat itu korban juga terkena api tangannya dan terluka. Tapi luka ringan," sambungnya.

Besarnya kobaran api, ruangan toko, kamar korban, dan ruang keluarga habis terbakar. "Kobaran api dapat di padamkan di bagian dapur itu (pusat api), sehingga tidak semakin membesar apinya. Juga tidak sampai merembet ke rumah lainnya. Karena posisi rumah saling berdempetan," ujarnya.

Dalam proses pemadaman api itu, personel damkar yang berangkat ada 5 orang. "Untuk kerugian dari kebakaran itu kurang lebih Rp 15 juta. Yang berangkat juga satu truk damkar," pangkasnya.(ata/yud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO