IAIN Tulungagung Wisuda Mahasiswa, Bertekad Jadi Universitas Islam

IAIN Tulungagung Wisuda Mahasiswa, Bertekad Jadi Universitas Islam

TULUNGAGUNG-(BangsaOnline)

IAIN Tulungagung kembali akan mewisuda 788 mahasiswa di tahun 2014. Mereka terdiri dari 670 wisudawan program sarjana dan 118 program pascasarjana. Wisuda dilaksanakan hari ini Sabtu, 6 September 2014 di Kampus IAIN Tulungagung. Bupati, Wakil Bupati Tulungagung, pejabat pemkab Kabupaten Tulungagung, seluruh civitas akademika IAIN Tulungagung, orang tua wisudawan, seluruh jajaran staf keluarga besar IAIN dan undangan lain akan hadir.

Pada wisuda pertama dengan status IAIN ini, 389 wisudawan memperoleh nilai kumlaude, 347 wisudawan memperoleh nilai sangat memuaskan, dan sebanyak 52 wisudawan memperoleh nilai memuaskan. Secara keseluruhan, peraih nilai terbaik untuk program sarjana ditempati Hindahtus Sa’adah, wisudawan Prodi/Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) dengan IPK 3,94. Sedangkan dari program pascasarjana diraih Aftonur Rosyad, wisudawan Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) dengan IPK 3,76.

Secara rinci, peraih nilai terbaik untuk setiap jurusan/prodi sebagai berikut; Pertama, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FATIK), Jurusan/Prodi Hukum Ekonomi Syariah HES diraih Afrik Yunari dengan IPK 3,86. Jurusan/Prodi Hukum Keluarga (HK) ditempati Nasrullah Ali Munif dengan IPK 3,87. Kedua, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) diraih Anis Sukmawati dengan IPK 3,91. Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ditempati Hindahtus Sa’adah dengan IPK 3,94. Jurusan/Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) diperoleh Ernila Rizar dengan IPK 3,80. Jurusan/Prodi Tadris Matematika (TMT) diraih Nina Agung Dewi Anggraini dengan IPK 3,83. Jurusan/Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menempati posisi terbaik Fuaddilah Ali Sofyan dengan IPK 3,86.

Ketiga, Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah (FUAD). Jurusan/Prodi Tafsir Hadits (TH) diraih Sugito dengan IPK 3,87. Jurusan/Prodi Aqidah Filsafat (AF) ditempati Mohamad Imron Rosadi dengan IPK 3,49. Jurusan/Prodi Tasawuf Psikoterapi (TP) diraih Lailatul Ashariyah dengan IPK 3,66.

Keempat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jurusan/Prodi Perbankan Syari’ah diraih Ayuk Wahdanfiari Adibah dengan IPK 3,91.

Sedangkan program pascasarjana peraih nilai terbaik sebagai berikut; Jurusan/Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) diraih Zuraida dengan IPK 3,72. Jurusan/Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) ditempati Reni Dwi Puspitasari dengan IPK 3,72. Jurusan/Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) diperoleh Aftonur Rosyad dengan IPK 3,76.

Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) diraih Naim Matusalimah 3,75. Jurusan/Prodi Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI) ditempati Hamidah Abdul Shomad Elfin Nikmati dengan IPK 3,69. Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) diraih Hadi Priyanto dengan IPK 3,73.

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin berharap seluruh wisudawan dapat berkiprah secara maksimal di tengah masyarakat.“Alumni IAIN Tulungagung memiliki banyak peran dalam konteks relasi dengan almamater, yakni sebagai humas, ujung tombak, dan sekaligus corong IAIN Tulungagung. Kiprah yang baik akan memberi pengaruh signifikan bagi eksistensi IAIN Tulungagung di tengah masyarakat. Sebaliknya, perilaku buruk alumni tentu akan berimbas pada degradasi nama baik IAIN Tulungagung,”tegas Dr. Maftukhin pada suatu kesempatan wawancara.

Lebih lanjut Dr. Maftukhin menegaskan bahwa prestasi yang ditorehkan alumni di tengah masyarakat akan sangat membantu dalam mewujudkan asa dan cita civitas akademika IAIN Tulungagung. Asa dan cita itu adalah semakin mengembangkan dan meneguhkan eksistensi IAIN Tulungagung sebagai center of excellent ilmu-ilmu keislaman di Provinsi Jawa Timur pada khususnya maupun di Indonesia pada umumnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO