Enam Jabatan Komandan Unsur Satrol Resmi Berganti Tongkat Komando

Enam Jabatan Komandan Unsur Satrol Resmi Berganti Tongkat Komando

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Satuan Kapal Patroli Kolonel Laut (P) Slamet Hariono menjadi Inspektur Upacara (Inspektur) Pengukuhan dan Serah terima jabatan (Sertijab) Unsur Satrol bertempat di Geladak KRI Kerapu – 812 yang sandar di Dermaga C Ujung Koarmatim, Surabaya, Rabu (31/01/2018).

Ada enam jabatan komandan yang disertijab, yaitu, jabatan Komandan KRI Sidat - 851 kepada Mayor Laut (P) Irwin Kurniady dan serah terima jabatan Komandan KRI Kakap - 811 dari Mayor Laut (P) Indra Nusha Raspati kepada Mayor Laut (P) Iwan Hendra Susilo, Komandan KRI Kerapu - 812 dari Mayor Laut (P) Ramu Arif kepada Mayor Laut (P) Rahmad Syahputra, Komandan KRI Tatihu - 853 dari Mayor Laut (P) Dwi Eko Ardianto kepada Mayor Laut (P) Nurwahidin,

Komandan KRI Layaran - 854 dari Mayor Laut (P) Heru Trimanto kepada Kapten Laut (P) Indarso dan Komandan KRI Madidihang - 855 dari Mayor Laut (P) Rhony Lutviadhani kepada Kapten Laut (P) Andy Ribuantoro.

Kolonel Laut (P) Slamet Hariono selaku Komandan Satrol Lantamal V menyampaikan amanat Pangarmatim bahwa, sertijab Komandan KRI merupakan hal yang wajar di lingkungan TNI AL. Menurutnya, jabatan komandan sebagai komando dan pembina suatu unit organisasi di KRI merupakan suatu konsekuensi logis dari adanya dinamika organisasi dalam lingkup Satuan Kapal Patroli Koarmatim yang kini telah berubah menjadi Satuan Kapal Patroli Lantamal.

"Perlu kita ketahui bahwa sosok seorang komandan bagi suatu satuan operasional sangat mewarnai gerak langkah satuan tersebut. Karena itu, keberhasilan suatu satuan operasi tidak lepas dari kemampuan seorang komandan dalam melaksanakan pembinaan yang terarah, efektif, dan efisien serta berkelanjutan terhadap anggota yang dipimpinnya," ujarnya.

"Tugas TNI AL khususnya armada Republik Indonesia di masa mendatang penuh dengan tantangan dan memerlukan perhatian khusus, terlebih sektor kelautan yang mulai disadari memiliki peran yang sangat penting bagi kejayaan bangsa dan negara Indonesia di masa mendatang. Untuk itu, setiap komandan KRI memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan sebagai pembina kesiapsiagaan dan kemampuan Alutsista," katanya.

"Selanjutnya, kepada para komandan KRI yang baru, saya mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Laut sebagai seorang komandan KRI unsur Satrol Lantamal yang baru saja diresmikan. Komandan KRI Sidat - 851 di Lantamal XIII Tarakan, komandan KRI Kakap -811 di Lantamal VIII Manado, Komandan KRI Kerapu - 812 di Lantamal IX Ambon, Komandan KRI Tatihu - 853 di Lantamal X Jayapura, dan Komandan KRI Layaran - 854 di Lantamal XIV Sorong, serta KRI Madidihang - 855 di Lantamal XI Merauke.

"Saya percaya dengan latar belakang pengetahuan dan pengalaman penugasan sebelumnya, saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna menerapkan kemampuan profesi dan pengalaman penugasan secara maksimal demi peningkatan kinerja ABK KRI dan kepentingan organisasi Satrol dibawah jajaran Lantamalm," pesan Pangarmatim.

"Kepada segenap perwira, bintara dan tamtama ABK KRI, saya harapkan agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada komandan yang baru dengan disiplin, dedikasi, kerja keras serta loyalitas yang tinggi agar prestasi yang telah dicapai selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya, para Komandan unsur Satrol, seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama di linkungan Satrol Lantamal. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO