Panglima TNI Nyekar ke Makam Bung Karno

Panglima TNI Nyekar ke Makam Bung Karno Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantiyo saat berziarah ke makam Bung Karno. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Untuk kedua kalinya, dalam rangka memperingati hari jadi Tentara Nasional Indonesia ke-72, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo berziarah ke makam presiden pertama RI Ir. Soekarno, Senin (18/9). Sekitar pukul 10.30 WIB rombongan panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo didampingi kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD), Kepala Satuan Angkatan Udara (KSAU), serta Kepala Satuan Angkatan Laut (KSAL), dan para kepala staf serta panglima komando utama tiba di makam Bung Karno. Mereka disambut para pejabat daerah, seperti Samanhudi Anwar, Wali Kota Blitar dan wakilnya, Santoso, M Rijanto, Bupati Blitar, Suwito Saren S, Ketua DPRD Kabupaten Blitar.

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantiyo mengatakan, jika agenda ziarah ini tidak hanya ke makam Bung Karno saja. Sama seperti tahun sebelumnya, rombongan juga berziarah ke makam presiden RI yang telah wafat, seperti makam KH. Abdurrahman Wahid di pondok pesantren Tebuireng Jombang dan makam mantan presiden Soeharto di Astana Giri Bangun di Jawa Tengah, serta panglima TNI pertama Jenderal Soedirman.

Yang membedakan tahun ini selain ke makam mantan presiden sebagai panglima tertinggi TNI dan Jendral Soedirman, rombongan juga akan berziarah ke makam pahlawan di Dili, Timor Leste.

"Tujuannya adalah mendoakan para pejuang yang telah mendahului kita, dan sebagai bentuk rasa hormat terhadap perjuangan mereka," jelas Gatot Nurmantiyo.

Panglima TNI jendral Gatot Nurmantyo beserta rombongan melakukan ziarah ke makam Bung Karno kurang lebih selama satu jam diawali dengan upacara di pelataran makam. Selama keberadaan rombongan Panglima TNI, area makam disterilkan dari pengunjung. Beberapa jalan protokol di Kota Blitar juga terlihat ditutup sementara. Rencananya rombongan akan langsung menuju makam KH Abdurrahman Wahid di Ponpes Tebuireng Jombang. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO