KPU Ponorogo Luncurkan RPP Warok

KPU Ponorogo Luncurkan RPP Warok Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito mengunting pita peresmian RPP Warok.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Cerdaskan pemilih pemula dan masyarakat luas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberi nama Warok atau Warung Kepemiluan, Jumat (31/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito, Sekretaris KPU Jawa Timur HM. Eberta Kawima, Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno, Ketua Muh Ikhwanudin Alfianto beserta jajarannya, pimpinan partai politik, pelajar dan perwakilan KPU Kota Madiun.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Ponorogo Muh Ikhawanudin berharap RPP Warok dapat memberi edukasi kepada pemilih pemula dan masyarakat luas.

“Semoga dengan diresmikannya Rumah Pintar Pemilu Warok pemilih pemula dan masyarakat luas dapat belajar tentang kepemiluan melalui wahana yang disajikan,” ujar Ikhwan.

Beberapa wahana yang tersaji di antaranya potret pemilu dari waktu ke waktu, jenis surat suara yang pernah digunakan dalam pemilu di Indonesia, data-data pemilu, simulasi TPS dan arena game tentang pemilu.

“Program yang merupakan program nasional ini diharapkan ketika ada pengunjung akan lebih mudah memahami kepemiluan melalui sarana yang disajikan. Selain itu, kita akan melaksanakan KPU Goes To School untuk memberikan pemahaman yang lebih tentang pemilu kepada para siswa sebagai pemilih pemula,” pungkasnya.

Sementara, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito menyampaikan bahwa program Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program nasional yang dibiayai oleh anggaran APBN. Tujuannya memberikan edukasi pada masyarakat untuk mengenal atau mengetahui lebih jauh mengenai pemilu.

“Berdasarkan undang-undang, kewajiban KPU memberikan pendidikan pemilih pada masyarakat. Salah satu wujud nyata program kerja pendidikan pemilih adalah dengan pendirian Rumah Pintar Pemilu yang menu terbesarnya menyajikan proses penyelenggaraan pemilu dari awal sampai akhir tahapan. Di RPP ini akan banyak informasi, data dan dokumentasi yang merupakan kebutuhan kita bersama terutama partai politik, pemantau serta masyarakat,” ujar Eko.

Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno dalam sambutannya mengapresiasi atas dilaunchingnya Warung Kepemiluan atau Warok ini. “Semoga dengan kehadiran Rumah Pintar Pemilu ini akan memberikan manfaat lebih untuk memintarkan masyarakat dalam hal seluk beluk pemilu sehingga penyelenggaraan pemilu kedepan berjalan lebih baik,” ujar Wabup Sudjarno.

Launching RPP Warok ditandai dengan pengguntingan pita sebagai tanda dibukanya penggunaan Rumah Pintar Pemilu Warok . (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO