Pacitan Kembali Dilanda Bencana, Enam Pemukiman Banjir, Akses JLS Longsor

 Pacitan Kembali Dilanda Bencana, Enam Pemukiman Banjir, Akses JLS Longsor Longsor di jalur lingkar selatan Pacitan

‎PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bencana kembali mendera beberapa lokasi di Pacitan. Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir disejumlah titik. Seperti halnya di Dusun Prambon, Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan. Akses jalan lingkar selatan (JLS) terjadi longsor.

Bencana itu terjadi diawali guyuran hujan lebat dari sore hingga malam hari. Akibatnya, air sungai meluap. Tak ayal, debit air yang begitu tinggi hingga merendam beberapa pemukiman warga yang berlokasi tak jauh dari bibir sungai. Empat pemukiman warga milik Isya, Amat, Salim dan Ponatin, tergenang air setinggi setengah meter lebih. Tidak hanya itu, satu tiang listrik dekat lokasi dam turut hanyut terseret arus banjir.

Banjir di pemukiman warga akibat sungai meluap tidak mampu menampung debit air hujan.

Menurut Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Ratna Budiono, mengatakan, banjir di sekitar klep dam menyebabkan sumber air sungai masuk pemukiman. "Air bah sempat masuk ke 4 rumah warga setempat," terangnya, Kamis (15/9) malam kemarin.

Melubernya air sungai ke beberapa titik jalan serta pemukiman warga, ditengarai sebagai munculnya badai La Nina yang terjadi di pantai Selatan Jawa. Sehingga, beberapa daerah termasuk Pacitan mengalami kemarau basah. "Hujan diprediksi terus turun hingga bulan Oktober nanti,’’ ungkap Ratna.

Selain banjir, bencana tanah longsor juga melanda beberapa ruas jalan. Seperti jalan kabupaten di wilayah Cindal, tepatnya di perbatasan Desa Purwoasri dan Karangnongko, Kecamatan Kebonagung yang tertutup material tanah dan batu. "Di titik tersebut juga terjadi gunturan longsor yang menimpa rumah warga," terang Kepala Desa Karanganyar, Pipit Dwi Handoko.

Sementara itu dilaporkan, akibat musim yang begitu ekstrim tersebut, enam rumah warga yang berada di Dusun Kresek RT/RW 02/VII Desa Gawang, Kecamatan Kebonagung, dalam kondisi memprihatinkan. Guna mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, sejumlah personil dari Badan Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas, serta BPBD sudah bersiaga dititik lokasi tersebut.

Selain pemukiman warga, akses Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan yang berada di wilayah Kecamatan Kebonagung, lumpuh total akibat tertutup material longsor. Kendaraan roda empat, hingga tadi malam belum bisa melintas.‎ Bahkan beberapa tiang listrik sepanjang Kresek, Gawang ke Timur banyak yang roboh. Di titik jembatan Gawang juga terdapat material longsoran yang memenuhi badan jalan.

Tentu saja, bagi masyarakat yang hendak bepergian ke Ngadirojo, sebaiknya lewat jalur Utara. Lain itu, masyarakat juga diimbau tetap waspada terhadap perubahan cuaca secara singkat dan intensitas hujan yang tinggi di sertai kilat atau petir dan angin kencang. (pct2/pct1/yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO