Arjuna dan Gatotkaca pun Ikuti Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia

Arjuna dan Gatotkaca pun Ikuti Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Ungkapan tersebut cukup mengena ke dalam setiap hati anggota Komunitas Ontel Sepeda Tua Indonesia (Kosti) saat melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71, kemarin (17/8).

Upacara yang digelar di Lapangan Kartoharjo, tersebut dihadiri perwakilan-perwakilan Kosti di setiap kecamatan. Mereka mengenakan dandanan layaknya tokoh pewayangan semacam Arjuna, Gatotkaca dan lain sebagainya. Sebagai inspektur upacara adalah Anggota Komisi IV DPR RI Surya Alam.

“Saya diundang sebagai tamu kehormatan, kenyataan saya disuruh pimpin upacara dengan tradisi Jawa ala tokoh pewayangan,” kata Surya Alam, Rabu (17/08).

Menurutnya, kegiatan ini perlu di tumbuh kembangkan seakan tidak percaya bahwa awalnya, hanya menghadiri undangan untuk ikut memeriahkan upacara peringatan HUT RI ke-71. Dengan berpakaian tokoh wayang dan pimpin upacara dengan menggunakan bahasa jawa, dengan iringan music gamelan lengkap.

“Ini merupakan kehormatan buat saya, saya anggap unik sekaligus melestarikan budaya Jawa,” terangnya.

Dijelaskan, kemerdekaan yang telah dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia saat ini tidak terlepas dari jasa para pahlawan, dan mewariskan nilai-nilai perjuangan kepada para pemuda serta menumbuhkan rasa nasionalisme.

Lihat juga video 'Polres Nganjuk Musnahkan BB Narkoba, Miras, dan Knalpot Brong, Hasil Ops Pekat Semeru 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO