HMI Gresik Demo DPRD, Desak Saut Situmorang Mundur

HMI Gresik Demo DPRD, Desak Saut Situmorang Mundur Aktivis HMI Gresik saat gelar demo di gedung DPRD Gresik.foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan aktivis (Himpunan Mahasiswa Islam) Kabupaten Gresik menggelar demo di gedung DPRD Gresik, Selasa (10/5). Mereka mendesak agar Wakil Ketua KPK, Thony Saut Situmorang agar mundur dari jajaran komisioner KPK.

Sebab, tindakan yang dilakukan dengan menganggap kader-kader koruptor telah menciderai lembaga .

Di mana, Saut Situmorang menuduh kader-kader sebagai pejabat yang korup. Pernyataan Saut itu dilontarkan di acara Talk Show bertajuk "Harga Sebuah Perkara", di TV One, pada Kamis malam (5/5).

“Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau minimal LK 1. Tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” kata Umar faruk, salah satu orator menirukan pernyataan Saut.

Untuk itu, atas tindakan Saut yang melukai lembaga tersebut, Gresik mendesak agar Saut mundur. Sebab, dia sudah tidak layak lagi menjadi pimpinan KPK.

Para pendemo saat lakukan aksi membentangkan spanduk dan sejunlah poster. Di antaranya bertuliskan, "Copot dan penjarakan Thony Saut Situmorang", "Saut loe jual gue beli", "Cak Saut sehat ta pean", "Copot Saut secepatnya sebelum kami berontak" dan lainnya.

Mereka juga membagi-bagikan panflet berisikan empat tuntutan. Pertama, Gresik menuntut Saut Situmorang meminta maaf, baik secara lisan di media maupun secara tertulis kepada PB dan Presedium KA nasional. Kedua, menuntut Saut memertanggungjawabkan statemennya di hadapan hukum. Ketiga, menuntut dewan kehormatan KPK memberi sanksi etis kepada Saut. Dan, keempat, Gresik mendesak Saut mundur dari jabatan Wakil Ketua KPK.(hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO