Nusantara Mengaji di Bojonegoro Ditarget 1.550 Kali Khatam Al-Quran

Nusantara Mengaji di Bojonegoro Ditarget 1.550 Kali Khatam Al-Quran

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Gerakan Nusantara Mengaji serentak se-Nusantara yang digelar mulai hari ini hingga besok (8/5) dipastikan meriah. Termasuk di Bojonegoro, Jawa Timur.

Di Kota Ledre ini, dipastikan 1.550 kali khatam Al-Quran. Sedangkan target gerakan mengaji se-Nusantara ini sebanyak 300.000 kali khatam.

Menurut koodinator daerah Nusantara Mengaji Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Sunjani, pendaftaran gerakan mengaji itu dilakukan melalui online, termasuk di Bojonegoro.

"Kita targetkan 1.550 kali khatam, yang tersebar di seluruh kecamatan. Tujuannya untuk kemaslahan bangsa dan keutuhan NKRI," katanya, Sabtu (7/5).

Sebenarnya, kata dia, khataman sudah menjadi rutinitas bagi warga NU, tetapi khataman terkonsolidasi serentak baru pertama melalui acara Nusantara Mengaji kali ini.

"Sehingga kegiatan khataman ini ada yang dilakukan secara organisasi dan juga ada yang sendiri-sendiri, seperti halnya para khafid (orang yang hafal Al-Qur'an)," paparnya.

Dari jumlah 1.550 kali khatam di Kota Ledre semua terdata dan terdaftar, baik pemimpin khataman (by name, by phone dan by adress). Serta jemaah dan lokasinya, karena berbasis data. Tempatnya bervariasi ada yang di rumah, jemaah dan yang paling banyak di pondok-pondok.

"Bahkan ada yang menghubungi akan melakukan khataman, tapi di luar koordinasi dan tidak masuk dalam hitungan 1.550 kali khatam yang sudah terpenuhi. Sehingga diperkirakan jumlahnya lebih dari itu (1.550 kali khatam)," terangnya.

"Hari ini dilaksanakan serentak, termasuk baca al-fatihah kesiapa saja yang dikirim. Pelaksanannya di wilayah barat pukul 19.00 WIB, wasilah pembukaannya disiarkan langsung lewat televisi," imbuhnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO