PG Peduli Masa Depan Siswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu

PG Peduli Masa Depan Siswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu Dirut PT PG, Hidayat Nyakman menyerahkan beasiswa kepada siswa dari keluarga tidak mampu. [ft: syuhud/BANGSAONLINE]

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT PG (Petrokimia Gresik), selaku perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) terbesar di Kabupaten Gresik, selalu berupaya untuk berperan aktif membantu masyarakat yang membutuhkan. Di bidang pendidikan misalnya, perusahaan pemroduksi pupuk terlengkap di Indonesia ini, terus berperan membantu biaya pendidikan siswa dari kalangan keluarga kurang beruntung (tidak mampu).

Kali ini, PG memberikan gelontoran bantuan berupa Program Bestro (Beasiswa Petro) full cover kepada 50 pelajar SMA di Gresik. Totalnya, mencapai Rp 1,5 miliar.

Beasiswa pendidikan sebanyak itu diberikan kepada siswa kurang mampu, namun memiliki prestasi akademik. Mereka berasal dari 15 SMP/MTs di Gresik yang saat ini telah diterima di 3 SMA di Kabupaten Gresik, yaitu SMAN 1 Manyar, SMAN 1 Kebomas, dan SMAN 1 Gresik.

Menurut Dirut PT PG, Hidayat Nyakman, program Bestro merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap pembangunan SDM (sumber daya masyarakat) Gresik, khususnya di bidang pendidikan. " PG ingin berperan aktif terhadap masyarakat yang membutuhkan di sekitar pabrik, tidak hanya bagi pemegang saham, karyawan, dan pemasok saja," kata Nyakman.

Siswa atau mahasiswa penerima Bestro, lanjut Nyakman, terpilih setelah melewati proses seleksi yang cukup ketat. Diawali melalui undangan yang diberikan kepada 38 SMP/MTs di Kecamatan Gresik, Manyar, dan Kebomas, baik negeri maupun swasta. Nah, dari 38 SMP/MTs yang diundang, sebanyak 18 sekolah mengirimkan siswanya dengan total 65 peserta.

Untuk kreteria penilaian penerima Bestro adalah, pendapatan/gaji orang tua, beban ekonomi keluarga, kondisi rumah/tempat tinggal, serta prestasi dan kompetisi akademik. Dari 65 siswa yang terdaftar, 50 di antaranya berhasil terjaring dan memperoleh Bestro full cover dari PG.

Bestro full cover akan diberikan selama 3 tahun. Biaya Rp 1,5 miliar berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PG, dengan rincian untuk biaya daftar ulang, pembelian seragam, buku/perlengkapan sekolah, serta biaya SPP dan operasional lainnya.

Sementara ke-50 penerima Bestro berasal dari SMPN 2 Gresik, yaitu 9 siswa, SMPN 4 Gresik 8 siswa, SMPN 1 Gresik 6 siswa, SMPN 1 Manyar 4 siswa, SMPN 2 Kebomas 4 siswa, SMPN 3 Gresik 4 siswa, SMPN 1 Kebomas 3 siswa, MTs Ma’arif Sidomukti 3 siswa, MTs Nurul Huda 3 siswa, selebihnya MTs Al Hidayah, MTs Masyhudiyah, MTs Yasmu, SMP IT Al Ibrah, SMP Mummadiyah 1 Gresik, dan SMP Muhammadiyah 4 Gresik, masing-masing 1 siswa. Mereka telah diterima di 3 SMA di Gresik, yaitu SMAN 1 Gresik sebanyak 6 siswa, SMAN 1 Manyar 18 siswa, dan SMAN 1 Kebomas 26 siswa. 

Sumber: harian bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO