Pimpin Upacara Hardiknas 2024, Wakil Wali Kota Pasuruan Beberkan Capaian Indeks Pembangunan Manusia

Pimpin Upacara Hardiknas 2024, Wakil Wali Kota Pasuruan Beberkan Capaian Indeks Pembangunan Manusia Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, saat memimpin upacara Hardiknas 2024.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional () tahun ini. Agenda tersebut dilaksanakan di halaman depan Kantor BKD Kota Pasuruan, Kamis (2/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Adi menyampaikan pidato pesan Mendikbudristek, Nadiem Makarim, di mana ia menyampaikan bahwa hari ini, Pendidikan di Indonesia sudah terlihat perubahannya. Hal ini disebabkan dengan adanya gerakan merdeka belajar yang digagas oleh Nadiem.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi Guru-Guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” ujarnya saat membacakan pidato Nadiem.

Adi juga menyampaikan, pendidikan di Kota Pasuruan semakin baik, hal ini salah satunya dapat terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pasuruan yang terus naik hingga capai 78,30 di tahun 2023.

“Saya ucapkan terimakasih kepada stakeholder yang sudah bersama-sama membangun Kota Pasuruan terutama para pegiat pendidikan , Guru baik dalam lingkungan formal maupun non formal yang telah bersama-sama mewujudkan Pendidikan yang layak di Kota Pasuruan," paparnya.

Status IPM menggambarkan level pencapaian pembangunan manusia di Indonesia dalam suatu periode. Semakin tinggi status IPM menunjukkan capaian pembangunan manusia yang lebih baik. Status IPM dibagi menjadi empat kategori yaitu, sangat tinggi (IPM≥80), tinggi (IPM 70-79), sedang (IPM 60-69), dan rendah (IPM<60).

Peningkatan IPM yang dialami Kota Pasuruan membuatnya berharap adanya perubahan dan akselerasi yang cepat dalam dunia pendidikan, namun juga harus diikuti oleh infrastruktur pendidikan. Seperti, bagaimana kualitas dan kesejateraan guru.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO