Cara Mengelola Stres Menurut Psikolog Klinis

Cara Mengelola Stres Menurut Psikolog Klinis Cara Mengelola Stres Menurut Psikolog Klinis. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Stres merupakan kekacauan emosional dan mental yang dirasakan oleh seseorang karena disebabkan oleh beberapa faktor. Setiap orang pernah mengalami stres dan memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap kondisinya.

Meskipun tiap individu memiliki kondisi dan penanggulangan yang berbeda-beda, ada baiknya tiap orang mengetahui yang tepat demi kesejahteraan fisik dan mental.

Nirmala Ika Kusumaningrum, M.Psi yang merupakan seorang psikolog klinis menjelaskan bahwa pengelolaan stres adalah cara meredakan emosi yang harus terus dilatih setiap hari agar tidak mudah emosional saat menghadapi situasi yang tidak sesuai harapan.

"Kalau kita nggak terbiasa untuk manage, kita pasti akan gampang banget untuk jadi meledak atau jadi breakdown dengan kondisi seperti itu kalau nggak biasa mengelola. Maka dari itu perlu dilakukan setiap hari," ujar Nirmala.

Nirmala mengatakan biasanya seseorang meregulasi emosinya dengan melakukan cara untuk membuat dirinya lebih berenergi dan merasa lebih rileks.

Namun sering terjadi, cara melepaskan stres dilakukan dengan sesuatu yang berdampak buruk seperti merokok, mengonsumsi obat-obatan terlarang atau makan berlebihan.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO