Khawatir Pendapatan Memburuk, Mujid: APBD 2024 Jangan Pola Defisit

Khawatir Pendapatan Memburuk, Mujid: APBD 2024 Jangan Pola Defisit Mujid Riduan

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPRD , mengaku sangat khawatir pendapatan di 2024, memburuk.

Sebab, 2024 merupakan tahun politik. Ada pemilu presiden, dan pemilu legislatif pada 14 Februari, serta pemilihan kepala Daerah (pilkada) antara September atau November.

"Sehingga, pada tahun politik itu kinerja pemerintah dikhawatirkan akan menurun, sehingga berdampak pada menurunnya capaian pendapatan," ucap Mujid kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (21/11/2023).

"Karena itu, saya minta postur APBD pada 2024 kalau terjadi defisit (berkurang), jangan sampai terlalu besar. Atau lebih baik pola surplus (berlebih) seperti draf KUA PPAS 2024 yang telah disampaikan ke DPRD. APBD surplus Rp31 miliar," imbuhnya.

Mujid mengungkapkan, kondisi APBD pada 2023 saat ini sedang tak baik-baik saja. Banyak pos belanja yang belum bisa direalisasikan karena terbentur fiskal (pembiayaan) belanja.

Mujid lantas mencontohkan sejumlah pos belanja yang belum realisasi 100 persen bahkan nol hingga masuk di akhir November. Antara lain, belanja hibah.

Realisasi hibah, tegas Mujid, banyak yang belum terealisasi, bahkan ada yang masih nol, seperti hibah fisik baik lingkup dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR), dinas cipta karya perumahan dan kawasan permukiman (DCKPKP), dinas pendidikan (dispendik), dinas perikanan dan kelautan (DPK), dinas pertanian (Distan), dan dinas pariwisata, ekonomi kreatif, pariwisata, dan kebudayaan (disparekrafbud), serta OPD lain.

"Hibah ada yang baru realisasi 50 persen. Bahkan, ada yang masih nol. Ini sudah mau masuk akhir November," ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) ini.

Atas fakta ini, kata Mujid, membuat kekhawatiran kalau kondisi keuangan di 2024 makin tak baik-baik saja. Terlebih, pada 2024 situasinya tidak menentu. Ada 2 gawe besar. pemilu dan pilkada.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO