Libur Nataru, Sejumlah Ruas Jalan Perbatasan di Kabupaten Kediri Mulai Dipadati Kendaraan

Libur Nataru, Sejumlah Ruas Jalan Perbatasan di Kabupaten Kediri Mulai Dipadati Kendaraan Kasatlantas Polres Kediri, AKP Firdaus Canggih Pamungkas, saat membahas beberapa skema rekayasa lalu lintas. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah ruas jalan perbatasan di Kabupaten mulai dipadati kendaraan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ().

Kasatlantas Polres , AKP Firdaus Canggih Pamungkas, menjelaskan beberapa jalur di perbatasan yang sudah dipadati kendaraan itu yakni Simpang 3 Mengkreng Kecamatan Purwoasri, lalu Kecamatan Kandangan berbatasan dengan Kabupaten Malang, dan Kecamatan Wates yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar.

"Mulai ada peningkatan kendaraan pribadi yang didominasi oleh roda empat, dari Hari Jumat malam kemarin," ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Ia menyebut, ada beberapa skema atau rekayasa lalu lintas yang telah dipersiapkan Satlantas Polres ketika kepadatan kendaraan mulai tak terurai. Rekayasa lalu lintas tersebut yaitu diberlakukannya sistem kanalisasi, serta pengalihan arus di beberapa titik persimpangan menuju Simpang 3 Mengkreng dan jalur perbatasan.

"Kami juga sudah melakukan simulasi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas maupun peningkatan kendaraan, yakni pengalihan arus di Simpang 4 Papar, Simpang 3 Jati Pelem, dan Simpang 4 Kertosono ketika memasuki tambahan kepadatan kendaraan," tuturnya.

"Ada tiga zona yakni hijau kuning dan merah. Zona tersebut merujuk kepada tingkat kepadatan kendaraan yang melintas. Saat ini masih zona hijau, artinya masih lancar tingkat arus lalu lintasnya," paparnya menambahkan.

Sementara pada jalur perbatasan -Malang-Jombang, pihaknya juga menyiapkan pos dan personel guna pengamanan serta keselamatan pengendara. Mengingat pada pasar tradisional Kandangan jalur utama ke wisata Kota Batu selalu padat saat liburan.

"Kita nanti siapkan yang Water barier, Siagakan Pos pam Kandangan dan Persiapan tentunya tim medis serta ambulan. Sejauh ini masih terpantau aman dan lancar begitu pula yang berada di wilayah Kecamatan Wates yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO