Kota Blitar Punya 8.000 Lebih Pemilih Pemula pada Pemilu 2024, Bakal Jadi Rebutan Parpol

Kota Blitar Punya 8.000 Lebih Pemilih Pemula pada Pemilu 2024, Bakal Jadi Rebutan Parpol Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Rangga Bisma Aditya (pegang mik) saat menyampaikan jumlah DPB pemilu 2024.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 8.000 lebih pemilih pemula di Kota Blitar bakal menjadi rebutan parpol pada pemilu 2024 nanti. Apabila dipersentasekan, jumlah itu sama dengan 7 persen dari jumlah total pemilih di Kota Blitar sesuai daftar pemilih berkelanjutan (DPB) pada pemilu 2024.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya.

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah DPB di Kota Blitar sebanyak 115.255 orang.

"Nah, dari jumlah tersebut 7 persen di antaranya adalah pemilih pemula. Atau sekitar 8.068 orang pemilih," ujar Rangga, Selasa (8/11/2022).

Selain pemilih pemula, di Kota Blitar 23.051 orang pemilih muda atau 20 persen dari DPB. Menurutnya, pemilih muda maupun pemilih pemula ini memiliki peran penting untuk meningkatkan partisipasi pemilu.

"Mereka ini sekaligus menjadi agen untuk menyebarluaskan informasi mengenai pemilihan umum. Makanya kami terus melakukan sosialisasi pemilu 2024 secara intensif ke seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2024, Rangga menyatakan KPU akan terus melakukan sosialisasi. Bukan hanya kepada pemilih pemula, muda, maupun masyarakat umum, tapi juga kepada kelompok sosial tertentu seperti para pemilih disabilitas.

"Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat pada pemilu 2024 mendatang," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO