Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, Baznas Jatim Lakukan ini

Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, Baznas Jatim Lakukan ini Ketua Baznas Jatim, KH Muhammad Roziqi, saat membuka bimtek pelaporan berbasis aplikasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur (Jatim) mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Manajemen () yang diikuti 67  di wilayahnya. Menurut Ketua Jatim, , masih perlu diadakan terkait hal tersebut lantaran selama ini masih belum berjalan semestinya.

"Maka kita harapkan dengan bimbingan teknis pada saat ini, semua yang berkaitan dengan , informasi, serta pelaporan, baik penerimaan, pengeluaran bisa diakses melalui ," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (15/2).

Ia menuturkan, agenda kali ini lebih menekankan bagaimana membuat suatu laporan tahunan. Para peserta yang merupakan staf IT, administrasi, atau distribusi dari kab/kota sengaja diundang agar bisa membuat laporan tahun 2021 yang ditarget hingga bulan ini.

"Selama ini, laporan yang dibuat seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni dibuat secara manual dalam bentuk buku lalu dikirim. Mulai sekarang ini, kita ingin semua laporan bisa langsung masuk ke sehingga bisa langsung dibaca dan dikoreksi oleh provinsi hingga pusat," tuturnya.

Roziqi menjelaskan, kegiatan yang diadakan selama dua hari itu sengaja digelar secara tatap muka dengan mengundang Direktur IT dari pusat. Semua peserta diharapkan bisa menerima keilmuannya dengan baik daripada acara serupa dilakukan secara daring.

"Makanya ini kita gelar dengan mengundang Direktur IT dari pusat biar dijelaskan sejelas-jelasnya. Sebab, kalau hanya virtual tidak bisa tanya secara langsung dan menyeluruh sama praktiknya. Kemudian sengaja kita gelar selama dua hari. Takutnya, cuman sehari nanti kurang maksimal," paparnya.

Ia berharap, para peserta yang telah mengikuti bisa mengaplikasikan pada pekerjaannya di daerah mereka masing-masing. Sehingga, tidak tertinggal dalam perkembangan zaman tapi justru bisa mengikutinya.

Roziqi menginginkan para pengurus bisa mengerti terkait IT, aplikasi, dan membuat lembaga yang mengelola zakat secara nasional itu lebih transparan lagi dalam pelaporannya. Semua orang bisa mengakses informasi yang ada di sewaktu-waktu.

"Imbasnya, trust atau kepercayaan para muzaki terhadap makin kuat. Kemudian, orang yang belum ingin berzakat melalui , karena trust yang Iain sudah mulai jalan sehingga timbul satu keinginan berzakat melalui . Sebab kalau bisa seperti itu, kan pengumpulannya tambah banyak kemudian kita bisa menggunakannya yang manfaatnya juga banyak," kata Roziqi.

Bimtek yang berlangsung di ini juga dihadiri para pimpinan Basnaz Jatim, mulai dari Wakil Ketua I, KH Ali Maschan Moesa; Wakil Ketua II, Ahsanul Haq; dan Wakil Ketua III, KH M Muhammad Zakki. Agenda tersebut juga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (ian/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO