PLTMG - CNG Bawean akan Dikembangkan jadi 5 MW

Sabtu, 16 Agustus 2014 09:52 WIB
Wartawan: nisa
RESMI. Direktur Operasi Jawa-Bali-Sumatera PLN, Ngurah Adnyana (tengah) saat peremian PLTMG - CNG di Bawean.

BAWEAN (bangsaonline)-Pembangkit listrik tenaga mesin gas berbahan bakar CNG (PLTMG - CNG) berkapasitas 3 x 1 MW di Pulau Bawean, diresmikan oleh Direktur Operasi Jawa-Bali-Sumatera PLN, Ngurah Adnyana, Jumat (15/8). PLN menugaskan PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang pembangkitan listrik untuk membangun PLTMG-CNG Bawean. 

"Kedepan, PLTMG-CNG Bawean ini akan dikembangkan menjadi total 5 MW. Dan pembangkit yang dibangun untuk mengurangi pemakaian BBM dan menurunkan biaya produksi ini, didesain dan dikerjakan sepenuhnya oleh bangsa Indonesia," ujar Adnyana. 

Ia menjelaskan, PLTMG - CNG Bawean dibangun dengan merenovasi lokasi PLTD lama Bawean. Pembangkit yang diperkirakan menghemat BBM hingga Rp 863 per kWh itu nantinya akan menghemat subsidi BBM di Bawean hingga Rp 930 juta per bulan. "PLTMG - CNG Bawean cukup unik, gas sebagai bahan bakarnya disimpan menjadi Compressed Natural Gas dan dikapalkan dari Gresik ke Bawean secara periodik," sebutnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PJB Amir Rosidin mengharapkan agar PLTMG - CNG Bawean bisa dijadikan pilot project bagi pulau lain yang kondisinya sejenis. “Keberhasilan pembangunan PLTMG Bawean membuka peluang bagi pulau-pulau kecil yang dekat dengan sumber gas untuk di’Bawean'kan. Ini akan membantu PLN untuk menghemat BBM,” kata Amir Rosidin.

Kebutuhan gas untuk PLTMG - CNG Bawean sekitar 0,6 MMSCF per hari. Pada jangka panjang, kebutuhan gas tersebut akan dipenuhi dengan memanfaatkan kelebihan pasokan gas PLTGU Gresik di luar beban puncak. Kontrak jangka panjang selama 15 tahun dengan Konsorsium Dharma Pratama Sejati (DPS) telah ditandatangani meliputi pembangunan mother station di Gresik, daughter station dan dermaga di Bawean serta transportasi CNG dari Gresik ke Bawean. 

Dipaparkan Amir, penyerapan dan pemampatan gas untuk CNG di mother station Gresik dilakukan sepuluh jam per hari dari pukul 22.00 - 08.00 WIB dengan kapasitas 0,2 MMSCF per jam. "CNG yang dihasilkan disimpan dalam tabung skid dan setiap empat hari akan dikapalkan menuju ke Bawean dengan kapasitas pengapalan sebesar 2 MMSCF. Sesampai di Bawean CNG akan disimpan dalam Storage CNG Plant di daughter station yang berkapasitas sebesar 2x2 MMSCF," urai dia.

Sebelum fasilitas dalam kontrak jangka panjang dapat beroperasi, lanjutnya, penyediaan gas dilakukan melalui kontrak jangka pendek selama 6-12 bulan dengan Konsorsium Dharma Pratama Sejati (DPS) meliputi penyediaan gas hingga titik serah di Bawean Gas. 

"Keberhasilan pembangunan PLTMG - CNG Bawean merupakan langkah lanjutan PJB setelah berhasil membangun CNG Storage Plant di Muara Tawar. Pada masa mendatang PJB siap untuk membangun dan melistriki pulau-pulau kecil lain yang sejenis dengan menerapkan pola seperti di Bawean," pungkasnya.
PLTMG - CNG Bawean dilengkapi dengan lampu ramah lingkungan menuju Go Green. Ada enam lampu berbasis solar cell menerangi lokasi pembangkit. Lampu LED berkapasitas 50 Watt per lampu tersebut dirakit memanfaatkan Reused aki dari Unit Pembangkitan Gresik.

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Rabu, 03 Maret 2021 05:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Data ini benar-benar mengejutkan. Bayangkan. Dari 1.000 orang Indonesia, 950 orang kekurangan vitamin D. Loh, bukankah sinar matahari di Indonesia melimpah?Ternyata sinar matahari saja tidak cukup. Lalu harus ditambah ...