Pemkot Blitar Larang Siswa Naik Motor ke Sekolah, Bakal Bagi-bagi Sepeda Gratis

Sabtu, 20 Agustus 2016 18:57 WIB
Wartawan: Tri Susanto

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Awal tahun 2017 Pemerintah Kota Blitar bakal merealisasikan program sepeda gratis untuk siswa sekolah di Kota Blitar. Dengan demikian, maka secara otomatis Pemkot akan memberlakukan larangan membawa sepeda motor bagi para siswa yang bersekolah di Kota Blitar.

Pemkot sendiri rencananya juga akan membuat peraturan melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) terkait hal tersebut. Di mana pemberlakuan wajib ke sekolah dengan sepeda tersebut akan diberlakukan setiap hari Senin sampai Rabu. Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar menegaskan jika untuk menjamin peraturan tersebut benar-benar diparuhi, pihaknya akan menerjunkan sejumlah personil dari Dinas Perhubungan maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar di sejumlah titik. Tujuannya adalah untuk mengawasi siswa yang tidak ke sekolah dengan sepeda.

"Ini tidak main-main, tiga kali berturut-turut ketahuan tidak memakai sepeda sesuai peraturan langsung saya keluarkan dari sekolah," tegas Samanhudi Anwar, Sabtu (20/8).

Ia menjelaskan dengan adanya peraturan tersebut tidak ada toleransi untuk siswa yang berasal dari luar kota. Mereka harus membeli sendiri menggunakan sepeda ke sekolah sama dengan siswa yang merupakan warga Kota Blitar. "Semua yang sekolah di Kota Blitar ya harus mengikuti peraturan kita," jelasnya.

Untuk kebutuhan pengadaan sepeda gratis itu Pemkot Blitar mengajukan anggaran sebesar Rp 24 miliar di APBD perubahan 2016. APBD Perubahan akan dibahas dan diperkirakan selesai sebelum bulan Desember. Sehingga masing-masing peserta didik bisa menerima sepeda gratis pada Desember 2016, dan pemberlakuan aturan sekolah wajib menggunakan sepedah bisa diterapkan pada awal tahun 2017.

Samanhudi juga mengaku karena membutuhkan anggaran cukup besar pihaknya akan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak termasuk legislatif, untuk merealisasikan program sepedah gratis.

Samanhudi menambahkan setiap sepeda dianggarkan Rp 2 juta dengan total sekitar 12 ribu sepeda gratis sehingga kurang lebih dibutuhkan anggaran sekitar Rp 24 milliar. (tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...