"Ya Ahlal Wathon" Karya Mbah Wahab Diusulkan Jadi Lagu Perjuangan Nasional

"Ya Ahlal Wathon" Karya Mbah Wahab Diusulkan Jadi Lagu Perjuangan Nasional Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa saat memberikan ceramah di halaman PP Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Lagu berjudul 'Ya Ahlal Wathon' karya KH Abdul Wahab Chasbullah diusulkan menjadi salah satu lagu perjuangan nasional. Lagu 'Ya Ahlal Wathon' itu diciptakan Mbah Wahab yang tak lain pendiri NU (Nahdlatul Ulama) jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1914.

Kepastian lagu tersebut akan dijadikan lagu perjuangan nasional dilontarkan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa saat memberikan ceramah agama dalam acara Haul KH Wahab Chasbullah ke-45 di halaman Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Sabtu (13/8) malam.

"Saat ini lagu Ya Ahlal Wathon itu sudah disiapkan aransemen dan tone-nya oleh tim di Direktur Kepahlawanan. Hanya menunggu persetujuan dari keluarga Mbah Wahab (panggilan KH Wahab Chasbullah, Red). Jika ini nanti disetujui, maka otomatis menjadi lagu perjuangan nasional bersama lima lagu kepahlawanan lainnya yang sekarang juga kami siapkan," kata Khofifah di atas podium.

Nantinya, lanjut Ketua Umum PP Muslimat NU itu, lagu tersebut akan direvisi beberapa liriknya. Pasalnya, ada kalimat berbahasa arab yang perlu dirubah menjadi bahasa Indonesia. "Karena kalau tetap berbahasa arab, kami khawatir lagu ini dikira lagunya ISIS. Itu kan bahaya. Tapi, semuanya tetap kami akan minta persetujuan keluarga," lanjut Khofifah.

Ia pun mengatakan, sebelumnya sudah meminta elemen yang ada di NU agar selalu menyanyikan lagu ini saat mengadakan acara. Seperti acara diklat, seminar, maupun lainnya. "PMII, Fatayat, Muslimat sudah kami minta menyanyikan lagu ini saat acara. Jadi, ketika ini nanti disetujui keluarga, akan diproklamirkan saat hari pahlawan nasional. Dan akan menjadi lagu pahlawan nasional. Tidak lagi hanya lagu nasional NU," tandas mantan Ketua PB Kopri PMII tersebut.

Berikut ini adalah lirik lagu Ya Ahlal Wathon:

Ya Lal Wathon Ya Lal Wathon Ya Lal Wathon

Hubbul Wathon minal Iman

Wala Takun minal Hirman

Inhadlu Ahlal Wathon

(2 X)

Indonesia Biladi

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO