Plh Gubernur Jatim Yakin Proyek HDDAP Kementan Tingkatkan Kesejahteraan Petani Hortikultura

Plh Gubernur Jatim Yakin Proyek HDDAP Kementan Tingkatkan Kesejahteraan Petani Hortikultura Kick Off pelaksanaan Horticulture Development in Dry Land Areas Sector Project atau HDDAP.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com , Bobby Soemiarsono, menghadiri Kick Off Pelaksanaan Horticulture Development in Dry Land Areas Sector Project (HDDAP) di Surabaya, Kamis (16/5/2024).

Agenda tersebut merupakan program dari Kementerian Pertanian () yang mengonsolidasikan 10.000 lahan kering dan petani hortikultura. Di mana, ini akan dilakukan di 13 kabupaten di 7 provinsi, termasuk di dalamnya Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Bali, dan NTT.

Bobby mengatakan, Jawa Timur sangat kaya akan potensi hortikultura. Dan program yang akan dilaksanakan di Gresik, Lumajang, dan Sumenep ini akan memberikan dampak yang sangat signifikan bagi peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat Jawa Timur.

"Tujuan akhir dari HDDAP ini meningkatkan kesejahteraan petani. Bagaimana ini lahan kita tidak hanya profitable, tapi juga bankable. Jadi dukungan ini akan mempermudah para petani kita mengembangkan usahanya," ujarnya.

Nantinya, lanjut Bobby, Lumajang akan berkontribusi pada produksi pisang, manggis, dan kentang; Gresik fokus di kunyit dan cabai; sedangkan Sumenep akan lebih banyak memproduksi pisang, bawang merah, serta cabai.

Ia berharap, Jawa Timur dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kontribusinya di tingkat nasional serta mampu memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Untuk itu, dibutuhkan sinergitas dari semua pihak yang terlibat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO