Wabup Gresik Raih Gelar Doktor dari Unesa

Wabup Gresik Raih Gelar Doktor dari Unesa Wabup Gresik Aminatun Habibah (selendang oranye) didampingi Bupati Fandi Akhmad Yani usai menerima gelar doktor dari Unesa. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (Wabup) Gresik meraih gelar doktor program studi teknologi pendidikan dari ().

Wabup Aminatun dinyatakan lulus dengan IPK 3.97 atau predikat sangat memuaskan dalam ujian terbuka di hadapan promotor dan penguji , pada Selasa (14/5/2024).

Dalam disertasinya, wabup yang karib disapa Bu Min itu mengambil judul "Pengembangan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Membaca Alquran Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Rungu".

Ia melakukan penelitian di Unit Pelaksana Terpadu (UPT) Resource Center Gresik. Lokasi ini diambil lantaran adalah salah satu Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang mengajarkan membaca Alquran bagi penyandang tuna rungu di Kabupaten Gresik.

"Melalui penelitian ini, kita ingin agar anak-anak kita yang berkebutuhan khusus bisa membaca Alquran dengan baik dan lancar dengan menggunakan metode amlaba. Dengan metode ini, anak-anak kita bisa dengan mandiri belajar Alquran dan tujuan akhirnya adalah meningkatnya hasil pembelajaran Alquran bagi anak-anak. Ini penting karena pada dasarnya belajar adalah hak bagi semua orang," ungkapnya.

Penelitian dimulai sejak bulan Februari 2022 menghasilkan pengembangan model pembelajaran metode amlaba yang berguna meningkatkan kemandirian membaca Alquran bagi penyandang tuna rungu.

"Hasil final dalam pengembangan model amlaba dalam pembelajaran membaca Alquran anak tuna rungu yaitu dengan kategori sangat efektif baik dari kualitas isi dan tujuan pembelajaran, kualitas instruksional, dan kualitas teknik model pembelajarannya. Mudah-mudahan ini bisa membantu para orang tua dan guru," tuturnya.

Keberhasilan Wabup Aminatun mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Sekda Achmad Washil beserta jajaran kepala OPD dan camat hadir untuk memberikan selamat.

"Selamat dan sukses untuk Ibu Wakil Bupati. Beliau menjadi keteladanan bagi kita semua. Meskipun beliau wakil bupati, tetapi beliau mampu menuntaskan pendidikan S3. Harapannya, hasil penelitian Bu Wabup ini bisa ditindaklanjuti bersama perbup terkait baca tulis Alqur'an sehingga dalam penerapannya bisa membantu pembelajaran bagi anak-anak kita," ucap Bupati Yani.

Ia mendorong jajarannya untuk mengikuti teladan Bu Min dalam mengupgrade ilmu. Ini lantaran dari persentase jumlah penduduk, jumlah warga yang meraih gelar S2 dan S3 sangat kecil. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO