Adhy Karyono Pastikan Jawa Timur Siap Dukung Indonesia's FOLU Net Sink 2030

Adhy Karyono Pastikan Jawa Timur Siap Dukung Indonesia Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat menerima audiensi Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com , Adhy Karyono, memastikan bahwa segenap masyarakat dan juga pemerintah provinsi siap mendukung program nasional Indonesia's Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030. Hal itu ia tegaskan saat menerima audiensi Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Haruni Krisnawati di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (7/5/2024).

Pasalnya, dalam waktu dekat Kementerian LHK akan turun ke Jawa Timur untuk melakukan sosialisasi secara masif program nasional Indonesia's FOLU Net Sink 2030. FOLU Net Sink 2030 adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan kondisi di mana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 98 tahun 2021, di mana Indonesia harus sudah mencapai net zero emission di sektor kehutanan dan lahan pada tahun 2030.

“Kami di Jawa Timur siap memberikan dukungan dan fasilitasi program tersebut, menurut kami ini sangat penting untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat, mengingat pengurangan emisi GRK sangat perlu dilakukan untuk mengendalikan perubahan iklim khususnya sektor kehutanan dan lahan,” kata Adhy.

Terutama karena pengurangan dan pengendalian emisi karbon khususnya gas rumah kaca harus terus digalakkan dan gencarkan. Dengan harapan apa yang telah dicanangkan bahwa Indonesia harus zero emisi di tahun 2030 bisa terwujud dengan baik.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat menjadi sarana koordinasi untuk saling bersinkronisasi dan bersinergi antara pemerintah pusat, daerah serta stakeholder terkait hingga sampai tapak bahwa yakni masyarakat, untuk bersama-sama dalam mengurangi dan mengendalikan emisi karbon.

“Semua pihak mulai tingkat pemerintah pusat, daerah maupun stakeholder diharapkan untuk terus bersinergi dan saling sharing knowledge, agar implementasi dari Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 dapat tercapai sesuai dengan target,” ucapnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan kegiatan sosialisasi program nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 pada 22 provinsi di Indonesia yang terbagi dalam 5 regional, Jawa Timur masuk pada regional dua bersama provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jatim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim, Kepala Dinas ESDM Prov. Jatim, Kepala Balai Besar KSDAE Kementerian LHK Wilayah Jatim, Kepala BPDAS Brantas, Kepala BPHL wilayah 7 Surabaya.(dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO