Bandara Harun Thohir Bawean Siap Tambah Frekuensi Penerbangan

Bandara Harun Thohir Bawean Siap Tambah Frekuensi Penerbangan Penumpang bersiap menaiki pesawat Cessna Grand Caravan di Bandara Harun Thohir, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, Selasa (26/3/2024). Foto: Antara

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Bandara Harun Thohir Tata Surya mengatakan, akan menambah frekuensi penerbangan pesawat perintis bersubsidi untuk menggenjot pariwisata di Pulau Bawean.

"Hal itu sudah kami sampaikan ke tingkat 2, yakni pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Gresik, jika frekuensi penerbangan di Bandara Harun Thohir sangat tinggi maka perlu ditambah. Dan Pak bupati sangat antusias," tutunya, Selasa (26/3/2024)

BACA JUGA:

Ia menjelaskan, jika Bandara Harun Thohir saat ini didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), maka dukungan dari pemda menggunakan milik daerah, yaitu ABPD.

"Hal itu bisa dilakukan untuk menambah frekuensi penerbangan di Bandara Harun Thohir ini melalui subsidi pemerintah daerah," katanya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan solusi yang dianggap efektif, sebab jika mengganti dengan model pesawat Avions de transport regional (ATR), maka dipastikan tidak bisa.

"Karena memang panjang landasannya hanya 930 meter dan lebar 23, jadi tidak bisa di Bandara Harun Thohir," ucapnya

Oleh sebab itu, ia mengatakan, dengan kapasitas 12 penumpang, maka dapat disimpulkan penerbangan di Bandara Harun Thohir sangat tinggi.

"Karakter di Bandara Harun Thohir meski tidak ada hari besar nasional atau even tertentu, selalu full, terutama dari Bawean ke Surabaya. Jadi bisa dikatakan keterisiannya selalu penuh," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO