Uji Coba Makan Siang Gratis, Khofifah: Upaya Pemerataan Gizi untuk Siapkan Generasi Indonesia Emas

Uji Coba Makan Siang Gratis, Khofifah: Upaya Pemerataan Gizi untuk Siapkan Generasi Indonesia Emas Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program makan siang gratis yang rencananya diterapkan tahun 2025, dimulai diuji coba.

Terkait hal ini, Dewan Pengarah TKN Indar Parawansa mendukung agar program tersebut segera diimplementasikan. Ia yakin program tersebut dapat memenuhi sebagian kebutuhan asupan gizi anak-anak hingga pelosok negeri. Khususnya bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

"Jika kita lihat hasil uji coba yang telah dilakukan, menu yang diberikan ke anak-anak untuk program makan gratis tersebut sangat terukur. Mulai dari item sumber gizi karbohidrat, protein nabati, protein hewani, hingga sayuran dan buah. Dan semua terukur kalori dan takaran gizinya," tegas , Kamis (7/3/2024).

Sebagaimana diketahui, simulasi pemberian makan siang gratis telah digelar di SMP Negeri 2 Curug Tangerang pada Kamis (29/2) atau pekan lalu. Uji coba ini bahkan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ada 4 kelas yang menjadi obyek simulasi saat itu. Masing-masing kelas mendapatkan 1 jenis menu untuk semua siswanya. Di depan kelas tersebut, tersedia papan yang menjelaskan nilai gizi yang dikandung masing-masing menu.

Dalam uji coba itu ada empat menu. Menu 1 yang disediakan yaitu nasi 1 mangkuk 150 gram dengan nilai gizi energi 194 Kkal dan 3,99 gram protein, sumber zat gizi karbohidrat. Ayam goreng tepung ukuran 1 potong 50 gram dengan nilai gizi energi 140 Kkal dan 4 gram protein sebagai sumber zat gizi protein hewani.

Kemudian perkedel tahu 2 potong 50 gram dengan nilai gizi energi 72 Kkal dan 46 gram protein sebagai sumber zat protein nabati. Sayur capcay 1 mangkuk 150 gram dengan nilai gizi 67 Kkal dan protein 1,58 gram sebagai sumber zat gizi sayuran. Pisang 1 potong 50 gram dengan nilai gizi energi 105 Kkal dan protein 1,29 gram, sebagai sumber zat gizi buah.

Kemudian menu 2 yang disediakan yaitu nasi 1 mangkuk 250 gram dengan nilai gizi energi 194 Kkal dan protein 3,99 gram sebagai sumber gizi karbohidrat. Semur telur 1 butir 55 gram dengan nilai gizi energi 130 Kkal dan protein 9,7 gram sebagai sumber zat gizi protein hewani.

Lalu tempe goreng tepung 1 potong 25 gram dengan nilai gizi energi 72 Kkal dan protein 3,83 sebagai sumber zat gizi protein nabati. Tumis buncis wortel 1 mangkuk 150 gram dengan nilai gizi energi 67 Kkal dan protein 1,58 gram sebagai sumber zat gizi sayuran. Dan, pisang 1 potong 50 gram dengab nilai gizi energi 105 Kkal dan protein 1,29 gram sebagai sumber zat gizi buah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO