Haul Bung Karno Ke-45, Pemkot Blitar Gelar Kenduri 1.000 Tumpeng

Haul Bung Karno Ke-45, Pemkot Blitar Gelar Kenduri 1.000 Tumpeng Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs Saifullah Yusuf mengisi pengajian Haul Bung Karno ke- 45 di depan Makam Bung Karno, Minggu (20/6). (foto: tri susanto/BANGSAONLINE)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya peringati Haul Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno ke-45 tahun 2015 ini bertepatan dengan bulan Ramadan 1436 H.

Dalam pelaksanaan Haul Bung Karno ke-45 tahun ini Pemerintah Kota Blitar kembali menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Istana Gebang dan area Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

Acara ini dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs Saifullah Yusuf, Wali Kota Blitar, Muhamad Samanhudi Anwar, Bupati Blitar, Herry Noegroho, Wakil Bupati Blitar, Drs Rijanto, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Drs Santoso dan para pejabat serta masyarakat Kota Blitar.

Diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Blitar, Santoso, pelaksanaan Haul Bung Karno ke-45 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan dengan puncak acara pengajian sampai malam hari. Karena bertepatan dengan bulan Ramadhan 1436 H, untuk acara Pengajian Akbar tahun ini dilaksanakan pada sore hari yang digandeng dengan Buka Puasa bersama dalam acara Kenduri 1.000 Tumpeng.

Seperti tahun sebelumnya, juga tetap dilaksanakan rangkaian acara seperti semaan Al Quran, doa lintas agama yang diakhiri dengan pembacaan Yasin dan Tahlil yang dipimpin oleh Ketua NU yang juga Ketua MUI Kota Blitar, Drs Subakir.

Acara kemudian ditutup dengan pengajian wakil Gubernur Jawa Timur, Drs Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul. Pengajian ini mengambil tema “Dengan Memperingati Haul Bung Karno Kita Terapkan Ekonomi Kreatif Sebagai Sebagai Manifestasi Diri Di Bidang Ekonomi,”.

‘’Prosesi Haul Bung Karno tahun ini hanya sampai pelaksanaan Kenduri 1.000 Tumpeng yang diisi pengajian oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf,’’ ujar Sekdakot Santoso. (tri/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO