​Mengenang Mbah Moen, Cium Tangan Kiai Hasyim Muzadi, Jokowi, dan Sayid Ahmad, Apa Alasannya?

​Mengenang Mbah Moen, Cium Tangan Kiai Hasyim Muzadi, Jokowi, dan Sayid Ahmad, Apa Alasannya? KH Maimun Zuabair (Mbah Moen) saat cium tangan KH A Hasyim Muzadi. foto: istimewa/BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ulama alim dan kharismatik KH Maimun Zubair (Mbah Moen) wafat. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang Jawa Tengah itu wafatdi RS An Noor, Makkah pada usia 90 tahun. Umat Islam – terutama Indonesia – pun berduka. Banyak kenangan menarik tentang kiai rendah hati ini.

Seperti dilansir BANGSAONLINE.com, Mbah Moen menghadiri acara Halal Bihalal bertema “Ngumpulke Balungpisah Warga NU” di Fakultas Kedokteran Unwahas Semarang Ahad 17 Juli 2016. Saat itu KH A Hasyim Muzadi (kini almarhum) berpidato. ”Tiba-tiba ada seorang professor dari UIN Walisongo datang terlambat. Ia menghampiri Kiai Hasyim Muzadi dan salaman di podium,” tutur KH Fadlolan, salah satu panitia acara kepada BANGSAONLINE.com Alumnus Universitas Al-Azhar Mesir itu lalu menuturkan kronologisnya.

Kiai Hasyim Muzadi – tutur Kiai Fadlolan – lalu tertawa dan berkomentar. ”Inilah orang NU. Selain NU tidak ada gaya begini ini (sudah terlambat tapi masih berusaha salaman dengan kiai yang lagi pidato di podium-red),” kata Kiai Hasyim Muzadi sembari tertawa.

(Mbah Moen mencium tangan Sayid Ahmad. foto: Tweeter)

Kiai Hasyim Muzadi yang mantan ketua umum PBNU dua periode itu lalu bercerita tentang peristiwa KHR As’ad Syamsul Arifin, kiai kharismatik dari Pondok Pesantren Sukorejo Situbondo yang santri Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari.

Suatu ketika, tutur Kiai Hasyim Muzadi, Kiai As’ad hadir ke dalam suatu acara. Dalam acara tersebut hadirin sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya. ”Ketika Kiai As’ad masuk ruangan spontan dirijen dan peserta berhenti (menyanyi). Mereka menyalami Kiai As’ad,” kata Kiai Hasyim Muzadi yang disambut tawa para kiai yang hadir.

(Mbah Moen saat cium tangan Presiden Jokowi. foto: istimewa/GenPI.co)

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO