Berdiri Sejak Tahun 1917, Warung Nasi Cumi Jalan Waspada Surabaya telah Dikelola Empat Generasi

Berdiri Sejak Tahun 1917, Warung Nasi Cumi Jalan Waspada Surabaya telah Dikelola Empat Generasi Suasana warung cumi tenda. foto: Ozy/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Warung nasi cumi yang terletak di Jl Waspada, Pabean Cantian Surabaya tepat di dekat Pasar Atom, telah bertahan di tempat yang sama, dengan menu sama, selama empat generasi pengelola. Yaitu sejak tahun 1917.

Warung ini awalnya buka hanya tengah malam saja, kini warung menjadi buka 24 jam nonstop.

Meskipun dijuluki sebagai street food, warung ini kian ramai di tengah malam, karena memang menunya unik. Sesuai dengan namanya, Nasi Cumi Waspada. Menu andalan yaitu cumi masak tinta.

Menu andalan cumi masak tinta dimasak dengan menggunakan tinta cumi-cuminya. Oleh karena itu cumi yang disajikan berwarna kehitaman. Cumi pun dimasak dengan olahan bumbu rempah-rempah pilihan termasuk bumbu-bumbu tradisional. Cumi dimasak hingga kuahnya meresap ke dalam daging cumi tersebut. Sehingga rasa cuminya kaya akan bumbu-bumbu rempah yang gurih asam manis, meresap ke dalam cuminya.

Meskipun disebut sebagai Warung Nasi Cumi Waspada, warung ini tidak hanya menjual olahan cumi saja, melainkan nasi biasa yang berisikan nasi putih, cumi dan peyek udang. Nasi campur berisikan nasi putih, cumi, empal, telor dan peyek udang. Nasi empal, nasi paru dan lain-lain.

Tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati nasi cumi waspada ini karena Atun (43) generasi ke empat pemilik warung dari buyut-buyutnya dulu, menyetok cumi-cumi lebih banyak di rumahnya.

“Banyak pelanggan yang datang untuk sekadar memesan nasi cumi untuk dibawa pulang, soalnya saya juga menerima pesanan nasi cumi-cumi untuk acara-acara. Apalagi buka 24 Jam nonstop, mau gak mau kami memang sudah siapkan stok cumi-cumi lebih banyak di rumah. Kalau habis tinggal telfon dan minta diantarkan ke warung.” ujar Atun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO