"Ngumpulke Balungpisah Warga NU", Mbah Moen Cium Tangan Kiai Hasyim Muzadi

"Ngumpulke Balungpisah Warga NU", Mbah Moen Cium Tangan Kiai Hasyim Muzadi KH Maimoen Zubair saat mencium tangan KH Hasyim MUzadi dalam acara Ngumpulke Balungpisah Warga NU di Kampus Unwahas Semarang, Ahad, 17 Juli 2016. foto: bangsaonline.com

SEMARANG, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan menarik dalam acara Halal Bihalal “Ngumpulke Balungpisah Warga NU” di Fakultas Kedokteran Unwahas Semarang, Ahad 17 Juli 2016. Kiai sepuh dan kharismatik KH Maimoen Zubair mencium tangan KHA Hasyim Muzadi. Peristiwa itu terjadi saat Mbah Moen – panggilan Kiai Maimoen Zubair – baru datang ke acara para kiai NU itu. Tiba-tiba Mbah Moen menghampiri Kiai Hasyim Muzadi dan langsung mencium tangannya. Karuan saja para kiai dan warga NU yang datang ke acara tersebut tercengang. Maklum, Mbah Moen dikenal kiai kharismatik dan lebih sepuh daripada Kiai Hasyim Muzadi.

Yang juga menarik, ketika Mbah Moen memberi tausiah kepada warga NU di atas podium, Kiai Hasyim Muzadi mau pamit mau pulang. Mantan ketua umum PBNU dua periode itupun menghampiri Mbah Moen yang lagi ceramah. Kiai Hasyim Muzadi langsung mencium tangan Mbah Moen dan pamit pulang lebih dulu.

Para kiai yang hadir tentu saja berdecak kagum. “Itu saya kira akhlak kiai NU yang saling menghormati,” komentar salah seorang kiai yang hadir dalam acara itu.

Ketika menyampaikan taushiyah, Mbah Moen bercerita bahwa Kiai Hasyim Muzadi adalah paman atau pak lek dari jalur ibunya. Karena itu Mbah Moen sangat menghormati.

Meski demikian para kiai yang hadir tetap terkagum-kagum pada akhlak dua kiai bertaraf nasional itu.

Sementara Kiai Hasyim Muzadi dalam ceramahnya mengatakan bahwa silaturahmi antar eksponen dan komponen Nahdlatul Ulama yang tersebar di mana-mana sangat diperlukan. ”Karena keluasan dan kedalaman konsep keagamaan dalam Nahdlatul Ulama tidak cukup dilakukan oleh Kelompok sektoral di kalangan warga nahdliyin tapi harus bersama-sama,” katanya.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO