Kepala DPUBM Kabupaten Malang Raih Prapanca Award

Kepala DPUBM Kabupaten Malang Raih Prapanca Award Kepala DPUBM Kabupaten Malang saat menerima penghargaan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma, menerima Prapanca Award Kategori Tokoh Birokrasi Inspiratif pada Malam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional () Jawa Timur 2024 di Jember, Minggu (29/4/2024) malam.

Ia dianggap telah berhasil membangun infrastruktur jalan pinggiran, sehingga memacu perekonomian yang ada di desa khususnya di wilayah Kabupaten Malang. Khairul mengaku senang dan bangga mendapat penghargaan Prapanca.

"Penghargaan ini bisa semakin memacu DPUBM untuk bekerja lebih keras lagi untuk masyarakat. Kami akan bekerja lebih keras lagi untuk membangun berbagai infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat,” ucapnya

Ia menyampaikan, peningkatan aksesibilitas lalu lintas dan angkutan jalan akan memacu pertumbuhan perekonomian kawasan dan masyarakat. Karena itu, Pemkab Malang berupaya optimal membangun infrastruktur jalan, termasuk jembatan di wilayah pinggiran dan jalan-jalan strategis sebagai poros utama peningkatan perekonomian desa.

“Mulai angkutan hasil pertanian, perkebunan, industri, Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Malang. Panjang jalan Kabupaten di Kabupaten Malang totalnya 1.668.762 km dengan kemantapan jalan mencapai 72,85 persen,” paparnya.

Menurut dia, langkah perbaikan untuk meningkatkan infrastruktur jalan, kini terkendala keterbatasan anggaran. Meski minim anggaran, tetapi Bupati Malang mencanangkan pembangunan infrastruktur jalan secara efektif, efisien, tepat sasaran dengan menggerakkan berbagai lini masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur jalan itu mengoneksikan tiga Koridor Program Berskala Nasional, yaitu KSPN Bromo-Tengger-Semeru, KEK Singhasari, dan PSN Pantai Selatan (Pansela) dengan Bandara Abdurahman Saleh (Abd) Malang, serta Exit Tol Pandaan-Malang,” ungkapnya.

Selain itu, DPUBM Kabupaten Malang juga melakukan pengeprasan bahu jalan yang tidak standar di sirip-sirip koridor untuk menunjang konektivitas jaringan dan kemantapan jalan. Yang sudah berjalan 5 tahun terakhir ini.

“Pada 2022 kegiatan dilaksanakan di Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung dan Desa Sanankerto Kecamatan Turen,” pungkasnya. (dad/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO